Terobos Banjir Juga Ada Siasatnya, Nggak Bisa Asal Nyemplung
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
ME-TIPS
02
Jan
2020

Terobos Banjir Juga Ada Siasatnya, Nggak Bisa Asal Nyemplung

  3513   0
Terobos Banjir Juga Ada Siasatnya, Ngak Bisa Asal Nyemplung
Terobos Banjir Juga Ada Siasatnya, Ngak Bisa Asal Nyemplung

JAKARTA, ME. Awal tahun 2020 disambut dengan bencana banjir di beberapa wilayah di Jabodetabek. Nah, bagi pengendara motor hendaknya harus berhati-hati ketika melewati genangan ataupun banjir, bradsis.

Di bawah genangan air tersebut kita tidak mengetahui kondisi jalannya akan seperti apa, mulai dari jalan rusak atupun berlubang, dapat mengakibatkan motor yang tiba-tiba mogok karena air yang memasuki ruang pembakaran hingga filter udara yang basah karena terendam.

Nah, Tim ME memiliki beberapa trik bagaimana cara melewati genangan atau banjir saat mengendarai sepeda motor seperti yang diungkapkan oleh Ariyanto atau akrab disapa Arip pemilik dari Bengkel Zona Speed yang berlokasi di Jalan Raya Hankam, Jatimelati, Kota Bekasi.

“Kalo ketinggian air masih berada di bawah kenalpot, motor masih dapat dikendarai dalam keadaan hidup, tapi kalau sudah di atas atau merendam kenalpot apalagi filter udara, motor sebaiknya dimatikan, lalu didorong untuk menghindari water hammer,” ungkapnya.

“Setelah melewati banjir yg tinggi, usahakan untuk dapat melepaskan busi, juga filter udara lalu bersihkan dan tunggu hingga kering, “ tambah pria ramah ini.

Oleh karena itu sebaiknya persiapkan kondisi kendaraan terutama di musim hujan, bradsis. Lihat ketinggian dari genangan atau banjir yang akan dilewati, jangan sampai pada akhirnya malah merugikan si pengendara sendiri, dan tetaplah berhati-hati.

Text: Andika,
Text editor: M. Ichsan,
Photo: Pikiran-Rakyat.com
  57 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (46)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !