6 Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Berkendara Di Musim Hujan
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
ME-TIPS
23
Des
2019

6 Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Berkendara Di Musim Hujan

  3839   0
Berhati-hati berkendara dikala hujan
Berhati-hati berkendara dikala hujan

JAKARTA, ME. Saat ini musim hujan sudah mulai mengguyur Ibu Kota, hal yang dapat menjadi kekhawatiran, terutama pengendara motor yang aktifitasnya wara-wiri di jalan raya, bradsis.

Oleh karena itu pengendara motor sepatutnya mempersiapkan beberapa hal dalam menghadapi musim hujan yang sudah didepan mata.

Berikut beberapa tips berkendara dimusim hujan Menurut Yogi Baskoro Murti dari Indonesia Defensive Driving Center (IDDC).

  1. Periksalah lampu kendaraan apakah berfungsi dengan baik. Karena lampu bermanfaat sekali bagi pengendara lainnya untuk dapat melihat kendaraan anda. Jangan sampe lampu sebagai sumber penerangan malah tidak berfungsi bradsis.
  1. Periksa kondisi roda mulai dari tekanan angin hingga alur pada permukaan ban. Karena tekanan yang cukup dan alur yang masih baik dapat menghindari anda dari resiko tergelincir (slip) pada saat hujan.
  1. Periksa rem kendaraan, jangan sampai ketika melakukan pengereman rem malah tidak bekerja dengan semestinya.
  1. Dibutuhkan konsentrasi maksimal saat berkendara di bawah guyuran hujan, fokus terhadap sekeliling. Jangan sambil main handphone bradsis.
  1. Gunakan jas hujan agar tetap merasa nyaman saat berkendara, namun pastikan jas hujan yang digunakan tidak menjuntai hingga kebagian roda. Karena ditakutkan akan tersangkut pada rantai atau ban dan membuat pengendara atau pembonceng terjatuh sehingga berakibat fatal.
  1. Jaga kecepatan, karena saat hujan kinerja ban tidak akan maksimal sebab tak semua jenis ban memiliki daya cengkram yang bagus saat dalam kondisi basah. Tuh jangan kebut-kebutan, yang pasti akan membahayakan pengendara lain bradsis.

Text: Andika,
Text editor: M. Ichsan,
Photo: Motorcyclenews.com
  66 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (46)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !