Maksain Diri, Tapi Mental Juara yang Bikin Marquez Podium
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
MOTOGP
22
Mar
2016

Maksain Diri, Tapi Mental Juara yang Bikin Marquez Podium

  10823   0
Mentalitas Yang Bikin Marquez Podium, Meski Selalu Maksain Diri!
Mentalitas Yang Bikin Marquez Podium, Meski Selalu Maksain Diri!

LOSAIL, ME. Cuma ada dua pilihan buat Marc Marquez, yakni hanya sekedar finish atau mencoba menyerang, bradsis. Meski terbilang maksain diri, tapi itu udah jadi kewajiban pembalap, apalagi udah ciri khas seorang Marquez. Finish ketiga pun udah cukup bikin Marquez senang..

Sebelum Andrea Iannone ngalamin crash, Marquez sempat putus asa karena tahu performa motornya enggak sanggup ngejar pembalap di depannya, Andrea Dovizioso, Iannone, dan Jorge Lorenzo.

"Saat balapan, jujur saja saya berpikir untuk finish di posisi keempat karena saya melihat perbedaan dengan Dani Pedrosa cukup besar dan saya berkata, 'Oke, saya finish keempat dan di Argentina akan menjadi balapan berikutnya'," ungkap juara dunia MotoGP dua kali ini.

"Tapi kemudian saya berkata, 'Jika kita berbeda di sini, maka saya akan mencoba untuk finish kedua'," lanjutnya. Yups, Marquez pada akhirnya nyoba batas limit motornya, dimana di 4 lap terakhir doi emang berhasil menyalip Dovi untuk posisi kedua.

"Selama balapan ada dua mentalitas, salah satu adalah 'Anda harus tetap menyelesaikan balapan' dan yang lain itu 'Marquez, kembali dan menyerang!" tegas Marquez.

Tapi upaya terakhirnya di last lap sirna begitu aja, lantaran di kesempatan terakhir Marquez malah melebar dan keuntungan buat Dovi yang akhirnya finish di posisi kedua di depan Marquez.

"Kami bekerja sangat keras sepanjang akhir pekan untuk mencoba menemukan paket terbaik untuk balapan. Kami tahu bahwa kami kehilangan banyak waktu pada sektor akhir," ucap Marquez.

Soal akselerasi ketika keluar tikungan aja yang sementara ini masih menjadi pemicu Honda RC213V kedua pembalap Repsol Honda itu kesulitan dibanding kompetitor, bradsis. Berasa kok dari raungan mesin RCV agak nahan kalo habis rebahan. Apalagi saat disorot kamera dari atas, Marquez kerap keteteran, baik dari pembalap Ducati ataupun Yamaha.

"Kami tahu, bahwa itu adalah soal akselerasi. Kami kehilangan banyak di sana, bahkan dalam balapan, dan untuk alasan itulah sangat sulit untuk menyalip Dovi," pungkas Marquez.

Text: Dimas (dimas.back13@yahoo.com),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Motogp.com
  304 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !