ECU Tim Pabrikan Resmi Dibekukan, Dorna Dituntut Bisa Jaga Rahasia
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
MOTOGP
15
Jul
2015

ECU Tim Pabrikan Resmi Dibekukan, Dorna Dituntut Bisa Jaga Rahasia

  14790   0
ECU Tim Pabrikan Resmi Dibekukan, Dorna Dituntut Bisa Jaga Rahasia
ECU Tim Pabrikan Resmi Dibekukan, Dorna Dituntut Bisa Jaga Rahasia

SACHSENRING, ME. Setengah musim udah berlalu, sesuai kesepakatan, ECU software tiap tim pabrikan langsung dibekukan, bradsis. Pasalnya, mulai musim 2016 nanti semua motor di kelas MotoGP bakal menggunakan ECU yang sama, yakni dari Magneti Marelli..
 
Pembekuan ECU ini hanya berlaku untuk tim pabrikan seperti Honda, Yamaha, dan Ducati. Sementara Suzuki dan Aprilia masih boleh ngembangin ECU mereka sendiri, bradsis. Tiap pabrikan berarti bakal ngasih 2 karakter ECU berbeda, tim pabrikan dan tim satelit.
 
"Setelah dibekukan, nanti tiap pabrikan cuma bisa update untuk memperbaiki software atau yang berkaitan dengan safety, bukan untuk strategi," ujar Corrado Cecchinelli, selaku MotoGP director of technology.
 
Honda, Yamaha, dan Ducati tergabung dalam Motor Sport Manufacturer Association (MSMA) udah nyobain ECU Magneti Marelli tersebut yang berbasis dari ECU tim balap di kategori Open. Mereka punya kesempatan untuk rapat sendiri di luar Dorna. Mereka juga boleh minta fitur tambahan atau minta ubahan lainnya. Tapi kalo ada satu pabrikan dari tiga tadi yang gak setuju, maka permintaan mereka gak bakal disetujui, bradsis.
 
"Semua sensor pada motor bakal disamaratakan, tiap pabrikan diminta untuk memeberikan list vendor sensor yang mereka pakai berikut harganya. Tiap pabrikan boleh pakai satu sensor di luar vendor yang ditentukan nantinya, tapi hanya untuk kepentingan data logger, bukan untuk strategi," jelas Cecchinelli.
 
"Tiap pabrikan diharuskan membekukan software mereka agar mereka tidak ada yang mencuri data rahasia satu sama lain dan menggunakannya pada software mereka di musim ini. Mereka meminta kita untuk menyimpan data yang mereka berikan tetap aman," tuntasnya.

Text: Donny (donny@motorexpertz.com),
Photo: crash.net
  525 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (46)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !