MotoGP 2014: Bridgestone Keluar, Rossi Yakin 2016 Banyak Perubahan
Corporate Banner
SSS chain
GIIAS Surabaya 2020
MOTOGP
02
Mei
2014

MotoGP 2014: Bridgestone Keluar, Rossi Yakin 2016 Banyak Perubahan

  15022   0

MotoGP 2014, Bridgestone Keluar, Rossi Yakin 2016 Banyak Perubahan
 
JEREZ, ME. Dengan keluarnya Bridgestone selaku pemasok ban tunggal untuk kelas MotoGP, kritik pun terus berdatangan dari para pembalap, termasuk Valentino Rossi. Pembalap asal Italia ini yakin tahun 2016 nanti bakal banyak perubahan seiring dengan keluarnya Bridgestone.
 
Perubahan Pada Motor
Perubahan yang dimaksud belum tentu ke arah yang positif bradsis. Bahkan, dari apa yang dinyatakan Rossi, sepertinya perubahan bakal lebih ke arah yang negatif. Rossi sendiri udah delapan musim ngerasain balapan dengan ban Michelin dan lima tahun dengan Bridgestone.
 
MotoGP 2014, Bridgestone Keluar, Rossi Yakin 2016 Banyak Perubahan
 
"Kejutan yang besar. Sejujurnya, secara pribadi saya sangat sedih. Bagi saya ini adalah kabar buruk, katakan saja semua pembalap menginginkan ban yang terbaik untuk motornya, tapi menurut saya kualitas dari Bridgestone sangatlah tinggi dan saya tidak tahu apakah pemasok ban berikutnya bisa menyamai Bridgestone," ungkap Rossi.
 
"Saya sedikit khawatir, karena terakhir saya menggunakan motor MotoGP tanpa ban Bridgestone pada tahun 2007. Ketika saya berpindah ke Bridgestone, itu adalah langkah terbesar, perbedaan yang sangat besar. Dengan alasan ini, saya rasa pabrikan ban lainnya akan sulit untuk menyamai level ini," tambah Rossi.
 
MotoGP 2014, Bridgestone Keluar, Rossi Yakin 2016 Banyak Perubahan
 
Emang gak gampang bikin ban yang bisa memenuhi kebutuhan setiap pembalap bradsis, karena karakter motor mereka pun berbeda-beda. Pada umumnya, satu tipe ban akan menguntungkan motor tertentu, dan akan memberikan kerugian pada motor lainnya. Catatan waktu yang dicetak dan ritme balap pun kemungkinan besar juga bakalan berubah.
 
Perubahan terbesar lainnya adalah pada motor itu sendiri dan juga pada pengendaranya. Dengan berganti tipe ban, maka setting ECU, hardware, software, serta riding style pun bakal harus berubah juga.
 
MotoGP 2014, Bridgestone Keluar, Rossi Yakin 2016 Banyak Perubahan
 
"Olahraga ini akan sangat berubah pada tahun 2016. Kemungkinan elektroniknya akan lebih sedikit dan jika mengganti ban, maka motor pun akan mengalami banyak perubahan, khususnya riding style," ujar Rossi.
 
Dorna dan FIM bakal membuka seleksi untuk para pabrikan ban yang pengen masuk ke kelas MotoGP selaku pemasok ban tunggal. Prosesnya sendiri baru akan dimulai pada tanggal 22 Mei 2014 nanti bradsis.
 
"Saya merasa positif sekali mengenai pemasok ban tunggal pada awalnya, tapi setelah melihat pengalaman bertahun-tahun, pemasok ban tunggal juga memberikan beberapa hal baik dan juga buruk. Jadi, pemilihan ban yang bebas menurut saya juga akan lebih menarik," tutur Rossi.
 
Text: Donny (donny@motorexpertz.com), Photo: Courtesy of motogp and yamahamotogp, Join us on fanpage Motorexpertz and twitter: @MotorExpertz

  453 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (46)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !