Massimo Tamburini, Sang Desainer Maestro Motorsport Tutup Usia
Corporate Banner
SSS chain
GIIAS Surabaya 2020
ME-UPDATE
07
Apr
2014

Massimo Tamburini, Sang Desainer Maestro Motorsport Tutup Usia

  10249   0
Massimo Tamburini
Massimo Tamburini

ITALIA, ME. Kabar duka kembali menyelimuti dunia otomotif bradsis. Kali ini seorang desainer maestro di industri sepeda motor asal Italia, Massimo Tamburini, tutup usia pada tanggal 6 April 2014 kemarin. Massimo Tamburini meninggal dunia di usia 70 tahun akibat penyakit kanker yang dideritanya.

Berjasa Besar Pada Ducati dan MV Agusta

Dua karya yang membuat nama Massimo Tamburini terkenal adalah Ducati 916 Superbike dan MV Agusta F4. Model dari kedua motor sport ini menjadi model yang paling iconic hingga saat ini bradsis. Selain Ducati dan MV Agusta, Tamburini juga berkontribusi pada Cagiva dan Bimota. Bahkan, dua huruf terakhir dari Bimota adalah kepanjangan dari namanya, yaitu Tamborini.

Desain swingarm satu sisi dan konfigurasi knalpot undertail di Ducati adalah karya Tamburini bradsis. Desain ini mempengaruhi desain yang diproduksi Ducati, bahkan hingga saat ini. Sementara di MV Agusta, desain Tamborini berperan penting pada desain beberapa model line-up MV Agusta yang sampai saat ini masih dibangun, seperti F4 Superbike dan Brutale street-naked.

Karya Tamburini udah diakui di dunia roda dua dan sempat ditampilkan beberapa desain karyanya yang tidak mainstream di The Guggenheim Museum,New York City, dalam pameran The Art of Motorcycle.

 

Text: Ichsan (ixzan.motorexpertz@gmail.com),
Photo: courtesy asphaltandrubber.com
  461 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (46)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !