Suzuki Tergiur Lihat Ducati Pindah ke Open
Corporate Banner
SSS chain
GIIAS Surabaya 2020
MOTOGP
08
Mar
2014

Suzuki Tergiur Lihat Ducati Pindah ke Open

  10036   0

Suzuki Tergiur Lihat Ducati Pindah ke Open
 
PHILLIP ISLAND, ME. Keputusan Ducati untuk pindah ke kategori Open di musim 2014 ini ternyata memaksa Suzuki untuk mikir lagi rencana mereka untuk balik ke MotoGP sebagai tim pabrikan di tahun 2015 nanti. Pasalnya, Ducati jadi cukup kompetitif begitu mereka pindah ke Open. Melihat hasil sesi tes sebelumnya, Suzuki pun jadi tergiur nih bradsis.
 
Melihat Kemungkinan yang Ada
Motor-motor di kategori Open ini emang punya banyak keuntungan dibanding motor pabrikan bradsis. Mereka dapet tambahan 4 liter bahan bakar, penggunaan mesin gak dibatasi, dan juga diijinin untuk pake ban Bridgestone dengan tipe softer. Sayangnya, kategori Open harus pake sistem elektronik ECU standard keluaran Magneti Marelli dari Dorna.
 
Suzuki Tergiur Lihat Ducati Pindah ke Open
 
Honda dan Yamaha udah jelas-jelas menolak untuk pindah ke kategori Open bradsis, karena di Open mereka gak bisa pake sistem elektronik yang mereka kembangin sendiri. Ini yang jadi alasan kedua pabrikan Jepang ini untuk tetap menjadi tim pabrikan di musim ini.
 
Suzuki sendiri yang baru akan gabung di tahun 2015 nanti lebih memilih untuk melihat kondisinya dulu bradsis. Mereka pengen lihat performa dan tingkat kekompetitifan Ducati saat balapan nanti. Carmelo Ezpelata selaku CEO Dorna sendiri pengen menetapkan regulasi Open ini untuk semua tim pada tahun 2017 nanti.
 
"Dengan kepindahan Ducati ini, sepertinya sekarang semua berjalan sangat cepat dari yang saya bayangkan. Suzuki masih bekerja untuk mengembangkan sistem elektronik sebagai tim pabrikan, tapi kami juga harus mempertimbangkan kategori Open," ujar Davide Brivio selaku manajer tim Suzuki.
 
Suzuki Tergiur Lihat Ducati Pindah ke Open
 
Brivio masih pengen lihat tingkat kompetisi dengan Ducati sebagai tim Open dibandingkan dengan tim pabrikan Honda dan Yamaha. "Menurut saya, tahun 2015 nanti kemungkinan untuk pindah ke Open akan sangat terbuka baik untuk Suzuki, Honda, dan Yamaha. Kami akan terus memantau apakah ada kemungkinan baik di tahun 2015 nanti semua akan berada dalam satu regulasi," tambah Brivio.
 
Yamaha mungkin masih bisa berubah pikiran bradsis. Tapi Honda sendiri, mereka pernah bilang kalo dipaksa untuk pake ECU standard, mereka mengancam bakal keluar dari MotoGP.
 
Text: Donny (donny@motorexpertz.com), Photo: Courtesy of motogp and MCN, Join us on fanpage: Motorexpertz and twitter: @MotorExpertz

  390 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (46)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !