Panduan informasi berita otomotif roda dua dan komunitas motor terkini - - Tanya tentang CDI
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
Q n A
04
Sep
2013

Tanya tentang CDI

Pertanyaan :
Gan ada beberapa pertanyyan nih tolong dibantu ya jadi apa (prok....prok ) 1. Bro kalau Cdi itu diukur dari pemakaian atau jarak . tempuh sih untuk melihat Cdi tersebut masih bagus atau harus di ganti ? 2. ane pakai shogun fd 125 yang alam ane mau ganti apaki CDi yang lain karena ane pernah denger info bahwa pakai CDI megapro bisa apakah ada pengaruh ke yang lainnya Thanks gan tolong dibalas yak bair ane jelas nih Salam Andrew

Jawaban :
Yes... Brader Adrew, thanks buat messagenya yah... Mudah-mudahan jawaban kita berikut ini bisa sedikit ngasih gambaran ente. 1. CDI sebenernya kalo pemakaian standar, massa pakainya lama. Jadi, dia dinyatakan masih oke atau enggak, ya tergantung masih optimal kagak untuk ngedukung proses pengapian. Biasanya, dia akan menurun kemampuannya sesuai umur pakai (tapi ini pun lama, bisa tahunan) atau bisa juga dia mati total akibat ada problem di jalur pengapian sehingga terjadi korsleting, kebakar, overcharging dan meleleh. Biasanya sih, kebanyakan kasus yang ditemuin gitu. Ada motor udah puluhan tahun kagak ganti2 CDI-nya, asalkan memang terawat tuh. 2. Sebelom nemplokin CDI motor lain, yang perlu dipahami adalah: spesifikasinya (voltase), Kedua, soket-soketnya cocok apa kagak. Dalam kasus Shogun FD 125 pakai punya Mega Pro (versi lama) emang bener, ada beberapa pemilik Shogun yang menerapkan trik itu. Ya itu dilakukan karena emang soketnya sama. bro. Juga diharapkan bisa mengail rpm atau putaran mesin jadi lebih tinggi (unlimiter). Umumnya sih, dengan ganti CDI Mega Pro itu, efek yang dihasilkan adalah pada kualitas pengapian, artinya bunga api yang dipercikkan busi akan lebih besar dan stabil. Dengan kualitas api yang memadai, proses pembakaran juga akan lebih sempurna. Tidak ada sisa campuran gas terbuang atau tersisa. Artinya terbakar habis. Ini yang akan berbuah bonus ke tenaga lebih baik dari standarnya. Itu harapannya... Artinya, kalo penggantian CDI Shogun dengan punya Mega Pro, tapi tidak dibarengi setingan bagian lain, hanya akan mengoreksi peak power saja (efeknya tidak signifikan). sebaliknya, baru akan bener-bener maksimal pengaruhnya, jika diikuti ubahan lain. Misal menyeting pulsernya, gitu bro kira-kira.. Demikian jawaban dari kite brader.. semoga dapet pencerahan yah.. salammm...

Q n A Lainnya

08
Mar
2015

filter udara


Saya berencana ingin ganti Filter Udara GT125 saya dengan Filter Udara Ferrox dimana keadaan motor masih dalam kondisi standar,belum ada yang di modif, karena saya pakai buat kerja

11
Sep
2014

Masalah Kopling motor RX-King


bang aku mau nanya nih. kenpa setiap aku tarik lama kopling nya selalu lembek atau tidak bermain padahal sdah di stel tpi tetap aja gtu. dan klau macet pun sama selalu saja mati motornya

08
Jul
2014

Bikin Tarikan BeAT Jos, Tapi Dengan Trik Simpel


Bro, ane di rumah ada BeAT nih, adek sih, yang pake. Tapi pengen dibikin enak tarikannya. Kira-kira, triknya gimana? Gak usah yang heboh-heboh ubahannya. Yang penting lebih ngisi aja sh,

21
Apr
2014

efek memakai knalpot racing untuk harian

permisi bro motor expertz, mau nnya bro apakah ada efek jika memakai knalpot racing untuk harian, semacam aus nya piston dll bro, mohon pencerhannya yaa ...

07
Feb
2014

mesin motor mblebet

Hallo mas admin, saya tidak mengerti tentang mesin motor nih..,kebiasaan kalo ada masalah langsung kasih ke bengkel dan motor ditinggal begitu saja, terima beres lah pokoknya. Jadinya buta mesin

03
Feb
2014

info jadwal balap motor

Bro bisa info agenda kegiatan dragbike and motor cross 2014? atau dimana saya bisa cari info tersebut.
Terima kasih dan

16
Des
2013

Beli Paket Bore Beat 130cc

Bang, saya mau pesan paket bore up kawahara 130cc.
Biar tambah kenceng aja buat sehari-hari. Hehe
Nah gini bang, agen yang abang sebutkan buat pesan barang tsb (Cahya Sutanto) terpercaya

22
Okt
2013

Pertanyaan Seputaran Sokbreker

Brad, punya artikel seputaran Sokbreker gak ?, punya solusi buat Sokbreker silnya jebol atau mungkin subtitusi aftermarketnya

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !