Jangan Asal Merawat Ban, Simak Tips Berikut Ini!
Corporate Banner
SSS chain
GIIAS Surabaya 2020
ME-TIPS
26
Feb
2020

Jangan Asal Merawat Ban, Simak Tips Berikut Ini!

  2957   0

BANDUNG, ME. Menjadi bagian penting dari sepeda motor, ban juga perlu lho mendapatkan perawatan. Fungsi dari ban ialah menyerap goncangan dari permukaan jalan agar motor nyaman digunakan. Nah, oleh karena itu perawatan serta pemilihan ukuran ban juga gak kalah penting, bradsis. 
 
Ada 2 jenis ban sepeda motor saat ini, yaitu tube tire serta tubeless. Tube tire ialah ban yang menggunakan ban dalam. Kelebihan ban ini bisa digunakan pada berbagai macam jenis velg baik cast wheel atau spoke wheel. Sedangkan tubeless mempunyai ban yang dirancang tanpa ban dalam. 
 
"Ban tubeless memiliki keunggulan lebih awet, tahan bocor dan daya cengkram yang lebih baik, jelas Ade Rohman, selaku Asisten Manajer Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM). 
 
Namun, brader n sista juga harus selektif. Pasalanya saat ini banyak model kembang serta ukuran ban mulai dari 12, 14, 17, 20, hingga 21 inch. 
 
"Jangan sampai menggunakan ban bagian depan digunakan di belakang dan sebaliknya, karena akan berpengaruh terhadap handling atau kenyamanan juga keamanan, atau keselamatan pada saat berkendara," tambah Ade. 
 
DAM yang merupakan Main Dealer Sepeda Motor Honda Jawa Barat menyarankan supaya memperhatikan beberapa poin dalam merawat ban sepeda motor. Pastikan ukuran ban yang digunakan sudah sesuai, dan pada saat pemasangan ban arah rotasi tidak terbalik. 
 
"Pengguna sepeda motor juga diwajibkan untuk secara rutin melakukan pengecekan tekanan angin ban sesuai dengan standar yang dibutuhkan," jelas Ade. 
 
Brader n sista juga jangan melupakan tekanan angin. Pasalnya, jika berlebihan atau kekurangan dapat menyebabkan kerusakan pada ban, dan menjadikan motor tidak stabil pada saat dikendarai. 
 
Selain itu, jika ban sudah mencapai 4 tahun atau dalam pemakaiannya di atas 40.000 km, disegerakan untuk mengganti ban yang baru, serta hindari penggunaan cairan pengkilap ban secara berlebihan.
 
"Setiap ban sepeda motor diberi indikasi Tread Wear Indicator (TWI) yang merupakan tanda batas keausan ban yang diizinkan untuk tetap dipakai. Jika kembang ban sudah menyentuh tanda segitiga TWI, maka sangat disarankan untuk segara diganti," tambah Ade. 

Text: Reza,
Text editor: Iman,
Photo: Istimewa
  49 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (46)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !