Waktu Ideal Mengganti Oli Motor Matik
Corporate Banner
SSS chain
GIIAS Surabaya 2020
ME-TIPS
19
Feb
2020

Waktu Ideal Mengganti Oli Motor Matik

  8298   0

JAKARTA, ME. Dengan adanya motor matik di Indonesia, khususnya di Jakarta, brader n sista yang setiap harinya harus menghadapi kemacetan tentu merasa lebih mudah menuju tempat tujuan. Apalagi dengan cara kerja motor matik yang tinggal gas dan rem. Tapi, apakah kalian tahu mengenai jadwal pergantian olinya? 
 
Merujuk pada buku panduan, kebanyakan dari pabrikan menyarankan agar pergantian oli dilakukan setiap motor sudah digunakan sejauh 2000 km, atau 1 bulan sekali. Tapi apakah benar seperti itu?
 
Kepala Mekanik Bengkel Surya Kencana Motor, Wahyu, menjelaskan bahwa pergantian oli mesin motor matik bisa disesuaikan dengan kondisi motor. 
 
"Apabila tarikan sudah terasa berat karena sering digunakan melewati jalanan macet, maka lebih baik mengganti oli dengan yang baru," ujar Wahyu kepada gridoto.com
 
Wahyu pun menambahkan, jarak tempuh tak bisa menjadi acuan untuk mengganti oli motor matik. Dalam hal ini, kemungkinan motor yang digunakan terlalu berat, seperti sering melewati kondisi kemacetan atau menarik gas nya dalam kecepatan tinggi. 
 
Ketika sudah mengalami hal tersebut, biasanya oli motor akan cepat panas dan berpengaruh pada kekentalannya. Maka dari itu disarankan agar tidak telat mengganti oli supaya kondisi motor selalu sempurna. Sedangkan oli gardan disarankan agar menggantinya setelah dua kali mengganti oli mesin. 

Text: Reza,
Text editor: Iman,
Photo: ncheurope.com
  49 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (46)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !