Vespa Bertenaga Solar Cell Pertama di Indonesia Tampil di ISF 2019
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
ME-UPDATE
21
Sep
2019

Vespa Bertenaga Solar Cell Pertama di Indonesia Tampil di ISF 2019

  3717   0
Vespa PTS, Solar Cell
Vespa PTS, Solar Cell
Vespa PTS, Solar Cell
Vespa PTS, Solar Cell
Vespa PTS, Solar Cell
Vespa PTS, Solar Cell
Vespa PTS, Solar Cell
Vespa PTS, Solar Cell

YOGYAKARTA, ME. Selain bisa melihat langsung jajaran skuter antik, langka dan keren-keren, pada Indonesia Scooter Festival (ISF) 2019 yang berlangsung di Jogja Expo Center (JEC), Yogyakarta, pekan ini (21-22/9), brader and sista juga bakal lihat satu inovasi baru, yaitu sebuah skuter yang dimodifikasi menjadi bertenaga Solar Cell, bradsis.

Yups, Vespa Small Frame PTS dari Aneka Vespa.com asal Sidoarjo, Jawa Timur yang diubah menggunakan tenaga Solar Cell yang langsung dari tenaga surya ini merupakan pertama kalinya dipamerkan ke publik hanya di ajang ISF 2019.

Heru Amrih Edhie, selaku founder dari Aneka Vespa mengungkapkan kalau karyanya tersebut juga bakal dijual jika ada skuteris yang tertarik dengan motor tenaga Solar Cell tersebut.

“Saya ingin buat yang pengisiannya tanpa langsung ke listrik, karena motor listrik itu sudah ada banyak. Makanya altelnatif energi lain bisa kita dapatkan, ya dari Solar Cell ini,” ujar Heru.

“Vespa PTS bertenaga Solar Cell ini mendapat modifikasi dibagian mesin yang diganti dengan baterai dan dinamo sebagai penggerak. Lalu swing arm juga saya custom yang ringan berbahan alumunium dan engine mountingnya saya modifikasi sendiri,” jelasnya.

“Selain itu bagian starter dan saklar-saklar lampu juga kita modifikasi, dan bagian perseneling yang di setang sebelah kiri kita tidak gunakan, jadi dilas mati,” tambahnya.

“Ini pertama kali kita pamerkan, dan kemudian tanggal 28 september 2019 mendatang kita juga akan kembali pamerkan di ajang Suryanation Motor Land di Pasuruan,” pungkasnya.

Nah, Heru juga mengatakan, biaya yang harus dikeluarkan jika ada yang tertarik dengan karyanya tersebut, yaitu sekitar Rp.35 juta, sudah termasuk motor dan panel Solar Cell, bradsis.

Text: ichsan (ixzancuy@gmail.com),
Photo: Ichsan
  40 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !