Kepolisian Rilis Smart SIM (Surat Izin Mengemudi), Apa Bedanya?
covid-19-ME
SSS chain
GIIAS Surabaya 2020
ME-REVIEW
27
Ags
2019

Kepolisian Rilis Smart SIM (Surat Izin Mengemudi), Apa Bedanya?

  4496   0
Surat Izin Mengemudi
Surat Izin Mengemudi
Smart SIM Terbaru
Smart SIM Terbaru

JAKARTA, ME. Ada informasi terbaru untuk para brader and sista yang sehari-hari sebagai pengguna kendaraan bermotor. Mulai tanggal 22 September 2019, Polri akan merilis Surat Izin Mengemudi ( SIM ) dengan penampilan baru, bradsis.

Tampilan SIM baru nanti akan didominasi dengan warna merah dan juga putih, dan memiliki informasi jati diri.

Akan ada banyak perbedaan tampilan antara SIM lawas dengan SIM terbaru nantinya, SIM akan dilengkapi dengan penggunaan Chip seperti halnya E-KTP. Identitas diri akan tercatat didalamnya, pelanggaran lalu lintas yang dilakukan oleh sipemilik akan tercatat didata base kepolisian.

SIM baru nantinya juga dapat digunakan sebagai alat pembayaran, seperti E-Money. Si pemilik nantinya, dapat mengisi saldo E-Money pada SIM hingga batas 2 juta rupiah. Saldo yang terdapat pada SIM baru nantinya, dapat dipergunakan untuk pembayaran, TOL, Kereta Api, juga dapat digunakan untuk berbelanja. Namun untuk keperluan E-Money, masih harus dilakukan uji coba untuk beberapa waktu kedepannya.

“Ada perbedaan antara SIM lama dan juga SIM terbaru nantinya, yang pasti identitas diri akan tercantum didalamnya. Dan SIM akan dilengkapi dengan Chip, seperti halnya E-KTP. Dan untuk saat ini kami masih dalam tahapan sosialisasi, dan juga soft launching untuk penggunaan SIM terbaru nantinya”. Ungkap Irjen Pol Refdi Andri selaku Kepala Koordinasi Lalu Lintas (Kakorlantas ).

Untuk saat ini penggunaan SIM terbaru nantinya, baru diperkenalkan di wiliayah Bekasi, Jawa Barat. Agar masyarakat dapat mengetahui adanya Smart SIM, dan baru akan mulai diberlakukan pada tanggal 22 September 2019.

Text: Andika,
Text editor: M. Ichsan,
Photo: Andika MotorExpertz
  170 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (36)
B. Yamaha WR 250 R (53)
C. Viar Cross X 250 SE (47)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !