Rangkaian Murah Dan Sederhana, Alarm Sentuh Mumpuni Cegah Aksi Pencuri
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
ME-TIPS
27
Jan
2018

Rangkaian Murah Dan Sederhana, Alarm Sentuh Mumpuni Cegah Aksi Pencuri

  9127   0
Alarm Sentuh
Alarm Sentuh
Alarm Sentuh
Alarm Sentuh
Alarm Sentuh
Alarm Sentuh
Alarm Sentuh
Alarm Sentuh

TANGERANG, ME. Dimanapun berada, tingkat kriminalitas pencurian sepeda motor memang marak, apalagi ditambah dengan adanya pembegalan motor di jalanan. Namun untuk menyikapi hal tersebut, motor bradsis perlu ditambah pengaman walaupun sederhana, setidaknya mengurangi kekhawatiran terhadap tindak pencurian motor.

Nah, kalo berencana aplikasi alat pengaman tambahan, alarm sentuh racikan Nyonk Motor ini bisa jadi alternatif pilihan bradsis. Prinsip kerjanya, saat kunci kontak ON, jari harus menyentuh sensor tambahan yang dibuat agar mesin bisa hidup.

“Sensor sentuh itu cuma jembatan penghubung untuk mengaktifkan saklar yang ada pada sebuah rangkaian. Meski rangkaiannya sederhana tapi juga mumpuni cegah aksi pencuri bradsis,” ujar Indra mekanik ahli kelistrikan Nyonk Motor.

Kalo bradsis suka oprek dan mau meracik sendiri, juga bisa kok biayanya juga murah. “Pertama siapin relay yang bisa disesuaikan sama kelistrikan motor AC/DC. Output bisa dipilih sesuai selera ataupun menonaktifkan semua saluran elektrik yang ada di sepeda motor. Untuk titik sentuh bisa diaplikasikan di titik besi yang orang lain tidak mengetahuinya,” tambah mekanik akrab dipanggil Indra “Thok”.

Semua komponen yang diperlukan untuk membuat rangkaian tersebut mudah didapat dan tentu harga terjangkau. “Oh ya, pada saat menyentuh 2 sensor, posisi kaki jangan langsung menyentuh ke tanah. Karena jika titik sentuh satu dialirkan ke ground, maka rangkaian tidak akan aktif. Namun, jika orang yang menyentuh menggunakan alas kaki, maka rangkaian akan hidup,” pungkas pria ngepos di Jl Beringin Raya No.19A, Perum I, Tangerang.

Tertarik? Kalau ingin pesan jadi cukup siapkan dana Rp 110 ribu, bisa langsung hubungi Indra di 0812-14719941. Monggo..

Text: Ivan Novrian (ivan.novrian88@gmail.com),
Text editor: Banar Giwantono,
Photo: Ivan
  291 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !