Bikin LED Immobilizer Di Yamaha Soul GT, Mengelabuhi Si Tangan Jahil Pake Kedipan
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
ME-TIPS
26
Jan
2018

Bikin LED Immobilizer Di Yamaha Soul GT, Mengelabuhi Si Tangan Jahil Pake Kedipan

  18035   0

Jakarta, ME. Salah satunya fitur teknologi keamanan yang diandalakn beberapa pabrikan motor yaitu  immobilizer seperti yang sudah tersemat di Vespa 4 tak dan moge. Sistem immobilizer atau GPS ini berfungsi untuk mencegah terjadinya pencurian dengan cara merusak rumah kunci kontak.

Sistem immobilizer atau ala GPS ini terlilhat pada lampu LED yang berkedip di panel speedometer. Teknologi tersebut juga bisa dibikin ke motor skutik lainnya, tapi hanya sekadar aksesori aja, bradsis.

“Yup! Gue bikin lampu LED berkedip ini seperti yang ada di motor mahal itu. Penerapan LED tersebut buat mengelabuhi tangan jahil alias maling. Jadi, biar disangka motor ini pake alarm dan ujungnya gak jadi dicuri,” ungkap Agus Setiawan, yang sudah pasang di motornya.

Komponen yang diaplikasikan tidak banyak bradsis, begitu juga buat pasangnya gampang banget, cukup disambungkan ke kabel kunci kontak atau on-off. Untuk yang mau pasang, Koa, panggilan Agus Setiawan ini hanya membanderol peranti tersebut seharga Rp 50 ribu aja, bradsis. Sebagai praktik pemasangannya, tim ME menerapkan ke Yamaha Soul GT kelularan 2012.

Pemasangannya disambung ke kabel kunci kontak, maka kudu buka bodi depan. Karena soket tersebut berada di tengah-tengah dek atau rangka depan. Trus bikin lubang buat posisi LED tersebut menggunakan solder atau alat bor. Kabel merah dari LED disambung ke kabel merah kunci kontak dan kabel merah hitam disambung ke kabel coklat dari kunci kontak. Setelah itu jangan lupa buat ditutup sama isolasi hitam, guna menghindari korsleting dan air yang masuk.

Keren kan!

KOA : 0898-7612651

Text: Teguh (teguh_028@yahoo.co.id),
Text editor: Banar Giwantono,
Photo: Teguh
  283 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !