Berencana Pakai Helm Supermoto Untuk Harian? Wajib Pahami 3 Hal Ini
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
KNOWLEDGE
23
Jan
2018

Berencana Pakai Helm Supermoto Untuk Harian? Wajib Pahami 3 Hal Ini

  36392   0
Ilustrasi helm supermoto
Ilustrasi helm supermoto

JAKARTA, ME. Brad n sis tentunya harus dapat mengetahui fungsi dan kegunaan helm sesuai dengan tipenya masing-masing, terlebih untuk digunakan dalam berkendara sehari-hari. Jangan sampai mewahnya helm, malah menggangu kenyamanan berkendara.

Seperti halnya helm supermoto. Dalam penggunaan keseharian, helm ini memang tampil beda dari yang lain, namun ada 3 pertimbangan yang harus bradsis pahami sebelum memfungsikan helm ini untuk harian dalam mendukung kegiatan sehari-hari.

1.  Helm motard atau supermoto bukan untuk speedfreak
Jika berbicara tentang speedfreak atau penggila ngebut dengan catatan mereka sudah sadar akan pentingnya helm, maka helm tipe motard atau supermoto ini sangat tidak direkomendasikan bradsis. Pada helm motard atau supermoto, keberadaan “mulut cakil” serta canopy yang melindungi dari sinar matahari menjadi hambatan besar, sehingga sangat membahayakan rider jika menggunakannya untuk kecepatan tinggi.

Berbeda dengan helm full face yang memang telah didesain untuk kecepatan tinggi, dimana basis desainnya telah mempertimbangkan faktor hambatan udara.

2.  Efek fish eye pada kaca visor
Faktor lain yang perlu dipertimbangkan saat beralih ke helm motard atau supermoto adalah adanya efek fish eye atau cembung pada visibilitasnya. Hal ini dikarenakan tingkat kelengkungan kaca visor pada helm motard jauh lebih besar dibandingkan kaca visor pada helm full face atau half face.

Walaupun cembungnya tidak ekstrem, tapi bagi segala merk apapun helm motard pasti ada efek cembung, dengan prosentase bermacam-macam tentunya. Bagi yang tidak terbiasa atau tidak kuat, sebaiknya hati-hati karena efek cembung ini bisa membuat pusing dan mual saat berkendara.

3.  Berat yang di atas rata-rata
Dibalik beberapa faktor kenyamanan yang ditawarkan, helm dengan tipe motard atau supermoto ternyata memiliki berat di atas rata-rata. Jika yang dijadikan bahan perbandingan adalah helm full face konvensional, maka helm motard memiliki selisih lebih berat hingga 0,5kg.

Tapi hal ini tidak mutlak bradsis, karena juga tergantung oleh merk dan kualitas helm motard tersebut. Bagi yang berminat beralih ke helm seperti ini, bersiaplah untuk leher pegal-pegal saat beradaptasi dengan berat helm baru.

Bagaimana bradsis, sudah paham menggunakan helm sesuai tipenya? Namun tim ME ingin berpesan "Apapun motornya, ke manapun perginya #MyHelMEtFirs".

Text: Arbi (arbi.motorexpertz@gmail.com),
Text editor: Banar Giwantono,
Photo: Dok. ME
  446 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !