Custom Tunggangan Dengan Bahan Stainless Steel? Hal Berikut Perlu Dipertimbangkan
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
KNOWLEDGE
01
Nov
2017

Custom Tunggangan Dengan Bahan Stainless Steel? Hal Berikut Perlu Dipertimbangkan

  22479   0

JAKARTA, ME. Dunia modifikasi dan custom di Indonesia memang ngga ada matinya bradsis, beragam bahan bisa di jadikan sesuatu oleh builder-builder kreatif tanah air. Kali ini tim ME coba mereview bahan stainless steel melalui salah satu builder yang memang ahli dibidangnya.

Andika Pratama selaku builder Krom Works sudah beberapa kali melahirkan karya motor custom dengan menggunakan bahan stainless steel. Menurutnya  stainless steel lebih kokoh dari pada material besi bradsis. “Umur pakai stainless steel biasanya lebih lama daripada besi, selain itu juga tahan terhadap karat,” buka Andhika.

Hasil warna stainless steel memang lebih menggoda, pasalnya tanpa harus melakukan pengecatan loe sudah mendapatkan warna mengkilap seperti lapisan chrome. Walaupun begitu ada juga kekurangannya, seperti bobot yang lebih berat dari besi, pengerjaan yang lebih rumit dan harga yang lebih mahal bradsis.

“Lebih rumit stainless steel daripada besi, ini karena punya tingkat kekerasan yang lebih. Sehingga saat proses pemotongan, bending, hingga mengelas, butuh pengerjaan yang ekstra. Contohnya saat proses pengelasan, stainless steel itu butuh gas argon yang bagus. Soalnya jika pakai las karbit atau listrik justru materialnya tidak bisa menempel. Inilah yang membuat sasis cepat patah,” tutup Dika, sapaan akrabnya.

Text: Arbi (arbi.motorexpertz@gmail.com),
Text editor: Banar Giwantono,
Photo: Istimewa
  256 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !