Cetak Wirausaha Muda, 21 SMK Ikuti 5 Tahap EEP Pertamina
covid-19-ME
SSS chain
GIIAS Surabaya 2020
ME-REVIEW
26
Okt
2017

Cetak Wirausaha Muda, 21 SMK Ikuti 5 Tahap EEP Pertamina

  7922   0
PT Pertamina Lubricant
PT Pertamina Lubricant
PT Pertamina Lubricant
PT Pertamina Lubricant

JAKARTA, ME. Corporate Social Responsibility (CSR), PT Pertamina Lubricants, melalui Sales Region lll wilayah DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat, meluncurkan program kewirausahaan bidang perbengkelan roda dua untuk siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) jurusan otomotif, bradsis.

Enduro Entrepreneurship Program (EEP) merupakan program CSR yang bertujuan untuk menciptakan nilai tambah bagi masyarakat dan perusahaan (Creating Shared Value/CSV) PT Pertamina Lubricants yang bertujuan untuk mencetak wirausaha-wirausaha muda Indonesia.

Bertajuk “Enduro Entrepreneurship Program (EEP)”,  21 sekolah se Jadetabek diajak untuk ikut serta bradsis. “Program EEP ini juga merupakan akselerasi dari Enduro Student program (ESP) yang sudah diluncurkan di beberapa kota seperti Cilacap, Gresik dan Lamongan serta di daerah Bojonegoro, Tuban dan Cepu,” ungkap Fitri Erika, Corporate Secretary PT Pertamina Lubricants.

EEP menjadi pengalaman belajar yang menyentuh langsung pada aspek teknis dan non teknis di dunia otomotif roda dua. Tahap pertama adalah pada masa inkubasi dimana peserta akan diberikan pembekalan dan pelatihan softskill dari mentor-mentor terbaik dalam bidangnya, baik dari PT Pertamina Lubricants ataupun dari praktisi dan akademisi yang sudah berpengalaman.

Peserta akan diberikan wawasan seperti pelatihan kewirausahaan, pelatihan tentang lingkungan/bengkel ramah lingkungan dan safety, pelatihan character building, pelatihan public relation dan komunikasi, pelatihan creative thinking, pelatihan sales and marketing, product knowledge, serta akan dibawa mengunjungi pabrik pertamina di Jakarta untuk mengetahui proses pembuatan pelumas.

Tahap dua adalah fase kompetisi dimana peserta akan di tantang untuk membuat sebuah ide dan perencanaan bisnis. Pada tahap ini, EEP akan menjaring kembali lima tim dengan ide terbaik untuk diikutkan dalam proses tahap tiga.

Tahap tiga yang dimaksud yakni ‘Bootcam’, dimana peserta akan dilanjutkan dengan pelatihan hardskill di Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) dan diajak untuk terjun langsung ke dunia kerja melalui pengalaman praktik kerja (Magang) di bengkel mitra binaan PT Pertamina Lubricants di wilayah Jabodetabek.

Tahap empat akan diberikan permodalan usaha bengkel mandiri secara inkind seperti peralatan perbengkelan, spareparts, pelumas dan masih banyak lagi yang disesuaikan jumlah dan besaranya dengan penilaian dan ranking tim tersebut. Diharapkan modal usaha ini dapat mendukung peserta dalam menciptakan bengkel baru sesuai dengan mimpi dan ide bisnis masing-masing.

Tahap lima adalah pendampingan bisnis bersama tim lima besar terbaik. Tidak sampai disitu, dari 5 tim tersebut, 3 tim dengan rangking terbaik juga akan diberikan modal usaha berupa Bengkel Enduro Express/branding bengkel untuk SMK masing-masing yang bertujuan untuk menghidupkan usaha bengkel di sekolah, sehingga dapat dijadikan lab praktik usaha secara mandiri.

"Sebagai perusahaan pelumas karya anak bangsa. Kami terus berupaya untuk membangun generasi-generasi muda atau tenaga-tenaga muda produktif lndonesia untuk berkecimpung di industri otomotif khususnya dunia perbengkelan. Dalam hal ini, perusahaan berkomitmen untuk meningkatkan pendidikan dan kontribusi dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang siap kerja dan berwirausaha dengan tantangan industri otomotif yang semakin kompetitif.” Tutup Ahmad Nizar Sales Area Manager lll DKI Jakarta. 

 

Text: Arbi (arbi.motorexpertz@gmail.com),
Text editor: Banar Giwantono,
Photo: Arbi
  338 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (36)
B. Yamaha WR 250 R (53)
C. Viar Cross X 250 SE (47)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !