Yamaha Goes To School Bikin Siswa SMA Lebih Suka Belajar Di Atas Motor
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
ME-UPDATE
31
Jul
2017

Yamaha Goes To School Bikin Siswa SMA Lebih Suka Belajar Di Atas Motor

  18470   0

JAKARTA, ME. Remaja menjadi salah satu penyumbang angka kecelakaan di jalan raya, bradsis. Berkaitan hal tersebut, pabrikan Yamaha memberikan edukasi safety riding  siswa SMA dan mendapat antusias yang tinggi.

Berlokasi di wilayah Jakarta, 5 sekolah menjadi target untuk melakukan edukasi diantaranya; SMA Negeri 10, SMA Negeri 4, SMA Negeri 35, SMA Negeri 2 dan SMK Diponegoro. Dalam edukasi ini motor yang disediakan seluruhnya sudah menggunakan teknologi blue core.

Program dengan tag line Yamaha Goes to School ini mengajarkan  teknik berkendara dan memperkenalkan perlengkapan safety gear. ”Dalam prakteknya, peserta dilatih berbagai teknik berkendara yang sekaligus mendapatkan penilaian
,” jelas Weki Ardi, instruktur YRA area Jakarta.

Sebagai contoh, bagian yang disebut pos keseimbangan. Dilihat kestabilan peserta mengendalikan motor dan tidak disarankan menggunakan rem depan karena berpengaruh pada keseimbangan. Kaki tidak boleh turun menginjak tanah, unit motor tidak boleh keluar dari area trek yang ditentukan.

Respon baik didapatkan dari para siswa apalagi beberapa siswa ada yang baru ingin memiliki SIM, dan program ini dijadikan tempat latihan para siswa. "Dari belajar ini saya jadi tahu ternyata naik motor harus tahu tekniknya, nggak asal naik motor. Event seperti ini bagus, mengenalkan teknik safety riding seperti cara pakai helm, posisi berkendara dan lainnya. Saya lebih suka belajar di atas motor seperti ini, karena teori yang didapat, langsung bisa diaplikasi," papar Alfiona Dernanti, siswi kelas 12 SMAN 35 Jakarta.

”Pihak sekolah sangat mendukung kegiatan yang dilakukan Yamaha ini karena berhubungan dengan kesiapan anak-anak, khususnya yang naik motor untuk pandai dan sopan santun di jalan. Di sekolah kami ini, yang tidak punya SIM tidak boleh bawa motor ke sekolah. Sekolah peduli terhadap keselamatan dan tertib berkendara. Dari Yamaha ini bagus, tidak hanya teori tapi ada prakteknya juga,” tutup Dayat M.Pd, Wakil Kepala Sekolah bagian Kurikulum SMA Negeri 35 Jakarta.

 

Text: arbi.motorexpertz@gmail.com,
Text editor: Banar Giwantono,
Photo: Istimewa
  277 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !