Modifikasi Yamaha Mio: The One Man Show
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
PARADE MODIFIKASI
29
Mar
2017

Modifikasi Yamaha Mio: The One Man Show

  15463   0

BOGOR, ME. Biasanya, kalo tim balap itu ada susunan timnya, owner, manager, mekanik, joki dan crew. Namun, tidak bagi DL125 Manteb Racing Team ini dan bukannya pengen ngeborong semuanya. Tapi, karena keterbatasan SDM dan juga biaya, bradsis. Maklum, tim ini berdiri dari sebuah bengkel yang kecil dan pengin mencari prestasi di ajang balap drag bike..

Yaitu, Daniel Syahrizal Pahlewi. Anak muda satu inilah yang menjadi sorotan dalam tim balapnya atau bahasa londonya ‘The One Man Show’. Pasalnya, Daniel seorang yang jadi owner, mekanik, manager dan joki, serta dibantu teman-temannya sebagai crew.

"Kita ikut balap drag bike ini mencari prestasi, untuk bisa membanggakan dan membuktikan sama ortu alias orang tua. Bahwa ikut balap itu bukan sekadar buang uang, tapi bisa memuaskan hati atau bangga akan hasil garapan sendiri," ungkap pria kelahiran 1990, yang juga pemilik DL125 Manteb Racing Team.

Keikutsertaan tim di daerah Cikampak ini bukan hanya satu atau dua kali ikutan balap, tapi sudah cukup banyak event trek lurus yang diikuti dan menjuarai di berbagai kelas matik, khususnya. Salah satu yang sudah ditoreh pada skutik Yamaha Mio kelahiran 2008 ini.

Namun, gak selamanya juga balap itu menang terus, ada kalanya gagal, bradsis! Mio itu juga pernah gak naik podium, saat turun di daerah Cicangkal, Jabar, ternyata waktu yang diraih lebih cepat dari perkiraan, tanpa disangka timing-nya 7,8 detik di kelas braket 8 detik. Wew, kenceng juga tuh motor! Diapain aja, brader?

Tenaga Mio 2008 ini cukup besar, karena dijejalin seher 71 mm label Hi-Speed. Trus, noken as di-custom, agar pembakaran dan pembuangan di ruang bakar makin sempurna, maka diaplikasikan roller rocker arm.

Selanjutnya, kruk as sudah gak cebol lagi alias standar. Langkah Mio lawas ini makin jauh dan cepat. Karena di-stroke up sampai 71 mm totalnya. Buset, panjang amaat, brad! Alhasil, penyuplai bahan bakar karbu PE 28 tersebut di-reamer jadi 30 mm. Wew!

Biasanya kalo sudah ubahan seperti itu, buat nyalain motor agak susah. Untuk itu, pria muda berkumis ini mengaplikasikan dinamo starter produk AHRS. Sehingga buat menyalakan mesin mudah, gak perlu jumper starter. Sedang semua pengapian masih bawaan motor, seperti koil, CDI dipercayakan aslinya dan knalpot standar bobokan.

Di bagian CVT, kemiringan puli depan kena papas menjadi 13,8 mm, begitu juga rumah roller dikerok, biar tarikan bawah sampai atas ngisi terus. Sedang buat mencari setingan roller yang pas, pria ramah ini gak bikin silang. Tapi, mencari setingan roller dengan menggantikan satu-persatu dari komponen bulat tersebut.

“Iya, brader! Buat cari berat roller yang pas, gue ganti salah satu rollernya. Itu bisa naik atau turun, tergantung buat mencari setingan jarak jauh atau dekat. Begitu juga sama napas atau tarikan mana yang terasa drop,” jelasnya panjang kali lebar.

Oh, gitu?!

Pesan Inspiratif: Punya bakat jangan dipendam, tapi tunjukkan untuk bisa membanggakan bagi diri sendiri maupun orang tua.

Saran Tim ME: Akan lebih fokus kalo posisi di tim dikerjakan sama seseorang tiap divisi.

Penilaian Tim ME: (9*): Mantaff,  Semoga bisa meraih prestasi lebih banyak dan didukung sponsor.

Note: (1 *) : Kacau Banget, (2*): Payah, (3*) : Kurang kreatif, (4*) Terlalu biasa : (5*): Oke, tapi… (6*): Lumayanlah (7*): Bagus, (8*): Keren, (9*): Mantaff, (10*): Dahsyat

Data Modifikasi:
Seher: HI-Speed 71 mm, Noken as: custom, Klep: GF Racing, Per klep: swedia, Kruk as: 71 mm, Koil: standar, CDI: standar, Knalpot: standar custom, Puli Depan: custom, Roller: CLD, Per Kampas Ganda: CLD 1500 rpm, Sok seven speed & G@zi, Jok: custom, Steering Damper: Fast Bike, Setang: aftermarket.

Bengkel: DL 125 Manteb Racing Team, Jl. Raya Cikampak, No.1, Cicadas, KM.05, Nagrog, Ciampea, Bogor, Jabar. Telp : 0858-13136660.

Text: Teguh (teguh_028@yahoo.co.id),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Teguh
  395 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !