Belum Ngalamin Cedera, Marquez Belum Kapok Latihan Motocross
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
MOTOGP
02
Des
2016

Belum Ngalamin Cedera, Marquez Belum Kapok Latihan Motocross

  9967   0
Belum Ngalamin Cedera, Marquez Belum Kapok Latihan Motocross
Belum Ngalamin Cedera, Marquez Belum Kapok Latihan Motocross

JAKARTA, ME. Di saat lagi gak megang motor MotoGP, para pembalap melakukan berbagai latihan dengan motor lain untuk tetap mengasah feeling mereka, bradsis. Ada yang latihan dengan motor sekelas superbike, ada yang latihan dengan motor trail di sirkuit dirt track, ada juga yang latihan dengan motocross. Nah, motocross ini yang sebenarnya cukup berbahaya..
 
Beberapa pembalap udah ngebuktiin sendiri bahayanya. Gak sedikit dari mereka yang kena cedera serius akibat latihan dengan motocross, seperti patah tulang atau pergeseran sendi. Salah satunya yang udah berhenti latihan motocross adalah Valentino Rossi. Pasalnya, cedera yang dialami Rossi dari latihan dengan motocross ini harus dibayarnya saat musim balapan MotoGP dimulai.
 
"Saya sangat senang motocross. Tapi para pembalap road race sering kali bermasalah dengan motocross karena ini sangat berbahaya bagi kami. Anda harus lahir sebagai pembalap motocross dan besar dengan motor ini, karena ini tidak mudah dikontrol saat ada di udara," ungkap Rossi.
 
"Motocross bisa jadi olahraga yang bagus, tapi sering kali hasilnya cedera. Saya pernah mengalami cedera di bahu selagi latihan motocross. Itulah mengapa saya putuskan untuk tidak lagi latihan motocross. Di motocross, sangat dituntut fisik dan konsentrasi. Memang ini latihan yang sangat baik untuk pembalap MotoGP. Tapi untuk pembalap road race, lebih baik sering latihan di sirkuit aspal sejak usia dini. Jika Anda ingin fisik yang  lebih baik, motocross adalah latihan yang cocok," lanjutnya.
 
Marc Marquez yang udahh raih 3 kali juara dunia MotoGP masih keranjingan latihan dengan motocross, bradsis. Marquez belum ngalamin cedera serius saat latihan motocross. Maka itu, pembalap asal Spanyol ini belum kapok juga dan masih latihan dengan motocross.
 
"Pada dasarnya, latihan utama saya di rumah adalah motocross. Saya banyak latihan dengan motocross. Konsentrasi yang dibutuhkan sangat berbeda. Dengan MotoGP, Anda harus membalap dengan tepat. Di motocross juga harus tepat, tapi Anda tidak terlalu kehilangan banyak waktu jika keluar dari racing line. Di MotoGP, Anda harus tepat dan konstan," terang Marquez.
 
"Di MotoGP, konsentrasi membuat Anda kelelahan. Tapi di motocross, Anda lebih lelah secara fisik. Karena motocross selalu slip, lompat, slide, dan seterusnya. Penting untuk mendapatkan kombinasi yang tepat, itulah mengapa saya cukup kesulitan," pungkasnya.

Text: Donny (donny@motorexpertz.com),
Photo: motogp.com
  323 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !