Sesi Tes Honda Terasa Hambar, Marquez Tetap Tabah
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
MOTOGP
25
Ags
2016

Sesi Tes Honda Terasa Hambar, Marquez Tetap Tabah

  9569   0
Sesi Tes Honda Terasa Hambar, Marquez Tetap Tabah!
Sesi Tes Honda Terasa Hambar, Marquez Tetap Tabah!

BRNO, ME. Marc Marquez bilang, "Keputusan terbaiknya adalah apa yang saya dapat kemarin." Sesi tes di Brno, Republik Ceko, Marquez beserta timnya ngelakuin banyak hal, salah satunya adalah untuk mengantisipasi motor wheelie setiap kali keluar tikungan. Untuk itu, beberapa part baru dan modifikasi pun ditanemin ke Honda RC213V, bradsis..

Salah satu kekurangan Honda musim ini adalah akselerasi, ditambah lagi motor kerap wheelie di atas aspal. Hal ini dipengaruhi setup dari sistem elektronik baru dan dianggap enggak cocok dengan motor Honda, bradsis.

Sesi tes kali ini terasa hambar buat Marquez meskipun jadi yang tercepat ketiga di belakang Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi. Pasalnya, patokan Honda saat ini adalah yang penting motor tetap napak ke aspal agar motor lebih dapet akselerasi sempurna meskipun gak terlalu signifikan.

"Kami mencoba memperbaiki motor dari keluar tikungan, tapi pada dasarnya kita tidak dapat peningkatan," kata juara dunia MotoGP dua kali ini.

Upayanya lagi-lagi gagal, bahkan Marquez udah gak mau ambil pusing tuh. Menurutnya, ini bukan masalah besar. Lalu apa? "Bukan masalah besar, kita telah mencobanya dan kami mendapat beberapa informasi," jelas Marquez.

"Kami fokus terutama memahami bagaimana kita bisa mengontrol wheelie, lalu bagaimana kita bisa mengatur keseimbangan bobotnya. Kami mendapat peningkatan dengan beberapa modifikasi, tapi sayang kami malah banyak kekurangan di bagian lain di sirkuit ini," lanjut rider 23 tahun ini.

Jadi, masalahnya enggak kelar-kelar dong? "Jadi pada akhirnya, keputusan terbaiknya adalah apa yang saya dapat kemarin (di sesi tes itu sudah cukup)," tegas Marquez.

Pernyataan Marquez di atas sedikit kalem, bisa juga diartiin sebagai laju Marquez yang tetap konsisten di setiap serinya, meskipun enggak punya cukup potensi dari motor. Itu juga kenapa sebabnya dilihat dari strategi musim ini Marquez sedikit lebih luwes, bradsis.

Di sesi tes ini, Honda bukan berarti gak bawa apa-apa, mereka membawa swingarm baru buat Marquez. Tujuannya emang buat ningkatin stabilitas motor di tikungan dengan grip jauh lebih bagus, sehingga akselerasi juga bisa lebih baik pula, bradsis.

Tapi ada tapinya nih, secara teori part ini gak dijelasin potensinya. Bahkan Marquez ngejelasin musim ini bakal tetap pakai swingarm yang udah dipakai musim ini, bradsis. Kenapa, tuh? Atau mungkin swingarm baru ini sengaja dites cuma buat motor baru tahun 2017?

"Kami akan tetap siap, tapi untuk saat ini kami akan tetap bertahan dengan apa yang telah kita gunakan sejauh musim ini. Secara keseluruhan saya pikir tes ini sudah bagus dan sekarang kami berharap di GP Silverstone," tandasnya.

Text: Dimas (dimas.back13@yahoo.com),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Repsol Honda Team
  436 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (46)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !