Tertinggal Jauh, Lorenzo Mengaku Kalah di Semua Sektor
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
MOTOGP
16
Jul
2016

Tertinggal Jauh, Lorenzo Mengaku Kalah di Semua Sektor

  8225   0
Tertinggal Jauh, Lorenzo Mengaku Kalah di Semua Sektor
Tertinggal Jauh, Lorenzo Mengaku Kalah di Semua Sektor

SACHSENRING, ME. Jorge Lorenzo masih belum juga kompetitif, bahkan lebih parah dari seri sebelumnya, bradsis. Di hari pertama seri kesembilan MotoGP 2016 di Sachsenring, Jerman, Lorenzo cuma bisa bertahan di posisi keenambelas. Bahkan, Lorenzo mengaku dirinya kalah di semua sektor..
 
Sirkuit Sachsenring terkenal dengan tikungan ke kiri yang panjang jelang tikungan 11, yakni tikungan ke kanan yang diyakini berbahaya oleh banyak pembalap. Pasalnya, saat menikung ke kiri, temperatur ban sebelah kanan menurun. Saat menikung ke kanan, maka grip ban menurun. Kalo temperatur sirkuit juga rendah, maka potensi untuk crash pun lebih besar.
 
Ini yang dialami Lorenzo saat sesi latihan pertama, bradsis. Lorenzo crash di tikungan 11, sama seperti empat pembalap lainnya yang juga crash di tempat yang sama, karena masalah yang sama juga.
 
"Saya baik-baik saja, tidak ada cedera atau patah tulang, dan saya bisa membalap dengan normal. Aspalnya sangat dingin dan saya masuk tikungan 11 sedikit lebih cepat dibanding lap sebelumnya. Mungkin juga posisi lebih miring dan grip depan menghilang. Saya jauh lebih lambat dibanding tahun lalu, tapi kondisi dan ban kali ini tidaklah sama," ungkap Lorenzo.
 
"Tikungan ini sangat cepat, salah satu tikungan tercepat dari semua sirkuit, dan Anda masuk tikungan ini setelah melewati banyak tikungan ke kiri. Saya yakin dalam kondisi seperti ini, khususnya pagi ini, siang ini sedikit lebih panas. Tapi dengan ban yang lebih soft sekalipun, ban masih terasa lebih keras," sambungnya.
 
Lorenzo mengaku lewati lap demi lap 20 km/jam lebih lambat dibanding tahun lalu. Ditambah lagi dengan posisi badan yang gak terlalu miring. Insiden crash di sesi latihan pertama juga bikin Lorenzo jadi gak percaya diri untuk ngegeber motornya dengan maksimal, bradsis.
 
"Dalam momen seperti ini, kami tidak kompetitif di semua area. Baik pengereman, di tengah tikungan, karena elektronik yang sekarang ditambah dengan grip yang rendah, tidak membuat motor bereaksi dengan mulus. Saat akselerasi juga gripnya tidak maksimal," jelas Lorenzo yang lebih lambat 1,5 detik dari pembalap yang tercepat di hari pertama ini.
 
Menurut ramalan cuaca, hari kedua cuaca bakal sedikit lebih cerah, bradsis. Tapi untuk hari Minggu nanti, diprediksi bakal turun hujan..

Text: Donny (donny@motorexpertz.com),
Photo: motogp.com
  380 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (46)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !