Tiga Pembalap Crash, Ban Asimetris Michelin Belum Sempurna?
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
MOTOGP
15
Jul
2016

Tiga Pembalap Crash, Ban Asimetris Michelin Belum Sempurna?

  7755   0
Tiga Pembalap Crash, Ban Asimetris Michelin Belum Sempurna?
Tiga Pembalap Crash, Ban Asimetris Michelin Belum Sempurna?

SACHSENRING, ME. Sirkuit Sachsenring, Jerman, emang sirkuit yang paling berbeda di antara sirkuit-sirkuit lainnya di kalender MotoGP 2016. Tikungan ke kiri yang panjang, disusul tikungan ke kanan, mengharuskan Michelin untuk mengeluarkan ban asimetris. Tapi di sesi latihan pertama, udah ada 3 pembalap yang crash, bradsis..
 
Di sesi latihan pertama, Jorge Lorenzo, Scott Redding, dan Stefan Bradl, masing-masing crash di tikungan yang sama. Mereka crash di tikungan 11, tikungan ke kanan setelah tikungan ke kiri yang panjang. Padahal mereka semua pakai ban depan asimetris dari Michelin.
 
Sebelumnya, Valentino Rossi udah khawatir akan hal ini, bradsis. Bahkan, Bridgestone yang udah punya pengalaman bertahun-tahun di kelas MotoGP aja terkadang masih nemuin masalah. Sementara Michelin, seri kesembilan ini pertama kalinya para pembalap pakai ban asimetris dari pabrikan ban asal Perancis tersebut.
 
"Sulit untuk pabrikan ban. Bahkan dulu, dengan Bridgestone kami memiliki banyak masalah untuk diperbaiki, karena banyaknya tikungan ke kiri. Anda butuh kompon yang sangat hard di bagian kiri. Setelah itu, Anda akan melewati 2 atau 3 tikungan ke kanan dan ini adalah situasi yang sangat berbahaya," ujar Rossi.
 
"Sayangnya, masih ada cuaca buruk dan ini sangat dingin. Saat ini, prakiraan cuaca menunjukkan akhir pekan ini cukup buruk. Jadi, ini bisa jadi akhir pekan yang sulit karena cuaca tersebut. Sayang sekali, karena semua berharap merasakan trek yang kering. Tahun lalu cuacanya bagus dan kami bisa bekerja dengan baik," pungkasnya.

Text: Donny (donny@motorexpertz.com),
Photo: crash.net
  283 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !