Mudik Naik Motor, ini Waktu yang Aman Menuju Kampung Halaman
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
KNOWLEDGE
29
Jun
2016

Mudik Naik Motor, ini Waktu yang Aman Menuju Kampung Halaman

  13880   0
Ilustrasi mudik menggunakan sepeda motor
Ilustrasi mudik menggunakan sepeda motor

JAKARTA, ME. Menjelang mudik Lebaran, pastinya brader n sista udah melakukan persiapan, baik fisik, kendaraan, ataupun keuangan dong. Selain itu semua, loe juga harus perhatikan waktu perjalanan agar terhindar dari puncak arus mudik, bradsis..

Kementrian Perhubungan Indonesia (Kemenhub) memprediksi di tahun ini jumlah pemudik yang menggunakan kendaraan roda 2 lebih dari 5 juta unit atau meningkat 50% dari tahun 2015.

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan juga nggak capek-capeknya menghimbau brader n sista untuk tidak menggunakan sepeda motor di saat mudik. “Ini bukan sekedar hanya masalah keselamatan, tapi ini menjadi suatu kegembiraan tersendiri juga secara kultur (untuk mudik dengan sepeda motor),” jelas Menhub.

Bahkan di tahun ini, pemerintah telah menyiapkan angkutan mudik gratis untuk sepeda motor sebanyak 24.000 bangku, bradsis. Jonan mengingatkan agar pemudik tidak menargetkan waktu untuk sampai di kota tujuan dan jangan melakukan perjalanan pada malam hari, bradsis.

“Usahakan berangkat jangan malam hari. Kalau bisa berangkat setelah jam 6 pagi atau setelah sahur dan berhenti sebelum maghrib. Setelah maghrib lebih baik berhenti (istirahat) saja. Karena sepeda motor memang tidak dirancang untuk perjalanan jarak jauh. Apalagi motor bebek, masak digunakan 300-400 km tanpa henti,” tambahnya.

Kemenhub juga sudah menerbitkan surat edaran tentang "Larangan Pengoperasian Kendaraan Angkutan Barang, dan Penutupan Jembatan Timbang pada masa Angkutan Lebaran Tahun 2016/1437 H". Jika berpatokan dengan surat ini, pastinya brader n sista dapat terhindar dari angkutan barang, seperti truk gandeng, kontainer, dan sejenisnya.

Dalam surat edarannya, kendaraan angkutan barang dilarang beroperasi mulai 1 Juli (H-5) pukul 00.00 WIB, sampai dengan 10 Juli (H+3) pukul 24.00 WIB. Aturan ini berlaku di jalan-jalan nasional (tol dan non tol) dan jalur wisata di Indonesia, bradsis.

Jadi, loe udah bisa kira-kira kan waktu yang tepat untuk melakukan perjalanan mudik? Keep safety dalam perjalanan mudik loe, bradsis. Ingat selalu keluarga menunggu di kampung halaman, dan yang paling penting, jangan lupa berdoa sebelum berangkat..

Text: Arbi (arbi.motorexpertz@gmail.com),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Istimewa
  797 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !