Resmi Sudah, 2016 Jadi Tahun Terakhir Winglet
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
MOTOGP
26
Jun
2016

Resmi Sudah, 2016 Jadi Tahun Terakhir Winglet

  13180   0
Resmi Sudah, 2016 Jadi Tahun Terakhir Winglet
Resmi Sudah, 2016 Jadi Tahun Terakhir Winglet

ASSEN, ME. Grand Prix Commission udah sepakat untuk melarang penggunaan winglet mulai musim depan, bradsis. Mau sekecil apapun bentuk wingletnya, tetap dilarang. Semua ini dilakukan semata-mata karena masalah safety..
 
Setelah meeting yang dilakukan GP Commission, yakni Dorna, FIM, IRTA, dan MSMA pada hari Sabtu kemarin di Assen, Belanda, akhirnya diputuskan winglet akan dilarang mulai musim depan. Berikut bunyi pernyataannya, bradsis:
 
"The Commission sepakat, mulai 2017, penggunaan sayap aerodinamis di kelas MotoGP akan dilarang. Regulasi sebenarnya akan mengikuti kelas Moto3 dan Moto2, dimana penggunaan sayap ini sudah dilarang. Sayap yang sudah memenuhi regulasi teknis yang ada sekarang akan tetap digunakan selama sisa musim 2016."
 
Tujuan utama dari winglet adalah menekan bagian depan motor saat akselerasi. Untuk mengurangi resiko wheelie, agar anti-wheelie tidak terlalu banyak bekerja, sehingga power mesin pun juga gak banyak dipangkas.
 
Namun, beberapa pembalap ada yang mempermasalahkan winglet ini. Pasalnya, mereka berpikir winglet ini bisa ngasih cedera serius saat crash jika terkena pembalap. Masalah turbulensi pada pembalap di belakangnya juga menjadi perhatian. Belum lagi masalah biaya pengembangan winglet itu sendiri, bradsis.
 
Penggunaan winglet pertama kali dipopulerkan oleh Ducati pada awal 2015. Mereka jelas yang paling menolak jika winglet dilarang. Ducati juga meminta pelarangan ini ditinjau ulang, minimal ada ketentuan mengenai ukuran, bentuk, dan lokasi winglet. Yamaha ikut pakai winglet di akhir-akhir musim lalu. Sementara Honda, baru pada sesi tes di Qatar musim ini. Diikuti lagi sama Suzuki dan Aprilia di sesi tes di Jerez pada April musim ini..

Text: Donny (donny@motorexpertz.com),
Photo: motogp.com
  759 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !