Merugikan Pembalap Lain, Rossi Tuntut Ducati Perbaiki Masalahnya Dengan Michelin
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
MOTOGP
08
Apr
2016

Merugikan Pembalap Lain, Rossi Tuntut Ducati Perbaiki Masalahnya Dengan Michelin

  13264   0
Merugikan Pembalap Lain, Rossi Tuntut Ducati Perbaiki Masalahnya Dengan Michelin
Merugikan Pembalap Lain, Rossi Tuntut Ducati Perbaiki Masalahnya Dengan Michelin

AUSTIN, ME. Terhitung udah dua kali insiden terkait ban Michelin yang dialami Ducati, bradsis. Masalah ini gak cuma dialami Ducati, tapi juga berdampak pada tim lainnya di kelas MotoGP. Meskipun dengan alasan safety, tapi beberapa pembalap bahkan merasa dirugikan, termasuk Valentino Rossi..
 
Berawal dari Loris Baz saat sesi tes pra-musim, dimana ban yang digunakannya meledak selagi Baz melaju sangat kencang di trek lurus. Menurut pihak Michelin, ini kesalahan timnya yang mengabaikan tekanan ban yang udah dianjurin sama Michelin.
 
Selanjutnya saat seri kedua kemarin, kali ini Scott Redding yang bermasalah, bradsis. Ban belakang yang digunakannya hancur bagian luarnya dan bikin Redding hilang kendali. Beruntung Redding gak crash seperti Baz.
 
Nah, karena insiden Redding ini Michelin langsung menarik ban tersebut untuk balapan dan menggantinya dengan kompon yang lebih kaku. Sayangnya, selain balapan yang dikurangi 5 lap, balapan juga terpaksa menggunakan sistem flag-to-flag, bradsis.
 
Rossi ikut menganalisa masalah yang terjadi di kubu Ducati ini. "Menurut saya, ada dua faktor. Pembalap yang lebih tinggi yang sedikit lebih berat, seperti Baz dan Redding. Saya juga cukup tinggi, tapi khususnya pembalap yang lebih tinggi dan juga tipe motornya," jelas Rossi.
 
"Karena sepanjang tes musim dingin dan balapan di Qatar dan Argentina, dengan Yamaha kami tidak pernah mengalami masalah. Minggu lalu kami siap balapan selama 25 lap. Feeling di atas motor, temperatur ban, kami sama sekali tidak punya masalah. Jadi, saya harap motor lainnya, dalam hal ini Ducati, bisa menyelesaikan masalah mereka," lanjutnya.
 
Alasan Rossi ngomong seperti itu bukan karena untuk menguntungkan dirinya sendiri, bradsis. Menurutnya, jika pembalap dipaksa menggunakan ban dengan kompon yang lebih hard, gak baik buat balapannya itu sendiri, karena performa motor jelas bakal berkurang..

Text: Donny (donny@motorexpertz.com),
Photo: motogp.com
  399 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (46)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !