Teliti Saat Beli Helm, Ikuti Tips Berikut Ini
covid-19-ME
SSS chain
GIIAS Surabaya 2020
ME-TIPS
25
Des
2015

Teliti Saat Beli Helm, Ikuti Tips Berikut Ini

  21872   0
Teliti Saat Membeli Helm, Ikuti Tips Berikut Ini
Teliti Saat Membeli Helm, Ikuti Tips Berikut Ini
Teliti Saat Membeli Helm, Ikuti Tips Berikut Ini
Teliti Saat Membeli Helm, Ikuti Tips Berikut Ini

JAKARTA, ME. Bradsis, di saat mengendarai tunggangan loe, tentu gak lengkap dong kalo gak pake helm? Nah, di beberapa negara, helm sudah merupakan perlengkapan wajib bagi para pengendara motor, bradsis. Gak mandang muda atau dewasa, semua kudu pake perangkat penting ini.

Dan faktanya, di Indonesia sendiri, kewajiban menggunakan helm udah dicetuskan sama Kepala Kepolisian Hoegeng pada awal tahun 70-an, bradsis. Tapi, gak tau kenapa malah dapat penolakan yang cukup keras pada saat itu. Akhirnya, berdasarkan Undang-undang No. 14 tahun 1992, helm ditetapkan sebagai perlengkapan wajib buat semua pengendara motor.

Karena merupakan sebuah perlengkapan yang sangat penting, baiknya loe teliti saat membeli sebuah helm, bradsis. Emang apa aja sih kriterianya? Nih, simak di bawah ini..

1.       Pastikan sesuai dengan ukuran kepala, sehingga tidak akan terlalu sempit atau longgar. Bila helm terlalu sempit, pengguna helm akan merasakan sakit di bagian kiri, kanan hingga atas kepala. Dan apabila terlalu longgar, pengguna tidak akan merasa nyaman karena helm akan bergerak pada saat tertiup angin. Selain itu, helm yang longgar juga akan berbahaya pada saat mengalami benturan.

2.       Pilihlah helm yang bahan shellnya keras/tidak lentur. Bahan keras pada luar helm sangat penting untuk perlindungan maksimal.

3.       Pengen ngelindungin seluruh bagian tempurung kepala? Pilihlah helm full face atau minimal open face, karena helm ini yang paling maksimal melindungi kepala anda saat berkendara.

4.       Pada bagian dalam/inner, pilihlah yang terbuat dari bahan kain yang sangat lembut dengan kemampuan maksimal untuk menyerap keringat, bradsis. Bahan yang lembut akan membuat loe menjadi lebih nyaman ketika memakai helm walaupun dalam waktu yang lama.

5.       Lapisan pengaman dalam yang tebal, juga penting ada dalam tipe helm yang loe pilih. Pasalnya, hal ini buat mengimbangi bagian luar helm yang keras, bradsis. Bagian dalam yang tebal dapat meredam benturan dengan benda keras lain yang mungkin saja terjadi.

6.       Selain pengaman dalam yang tebal, tali pengikat yang kuat juga penting banget, bradsis. Hal ini adalah agar helm tidak mudah terlepas dari kepala pada saat terjatuh ataupun terjadi benturan. Saat ini sudah banyak sekali helm yang memakai sistem pengikat double D ring maupun Micrometic Buckle. Tinggal pilih yang sesuai kenyamanan loe aja.

7.       Dan yang terakhir adalah memilih helm yang sudah memenuhi standard yang ditentukan. Helm yang sudah memenuhi standard keamanan berarti sudah melewati proses uji, seperti DOT dan juga Snell.

“Seringkali orang tidak melihat helm sebagai alat pelindung yang penting, dan itu merupakan suatu kesalahan. Helm merupakan perlengkapan wajib berkendara untuk menjaga keselamatn, oleh karena itu telitilah sebelum membeli sebuah helm, agar dapat menjaga keselamatan kepala anda saat terjadi benturan, tanpa meninggalkan rasa nyaman menggunakannya,” jelas Frans Lee selaku Direktur Operasional Cargloss Proriders. 

Text: Reza (reza@motorexpertz.com),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Istimewa
  462 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (36)
B. Yamaha WR 250 R (53)
C. Viar Cross X 250 SE (47)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !