Gak Buruk, Rossi Udah Dapat Feeling Bagus Dengan Ban
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
MOTOGP
07
Nov
2015

Gak Buruk, Rossi Udah Dapat Feeling Bagus Dengan Ban

  19298   0
Gak Buruk, Rossi Udah Dapat Feeling Bagus Dengan Ban
Gak Buruk, Rossi Udah Dapat Feeling Bagus Dengan Ban

VALENCIA, ME. Valentino Rossi yang bakal start dari urutan terbelakang di seri terakhir ini berhasil nyelesain sesi latihan bebas hari pertama dengan cukup baik. Feeling dengan ban diakuinya cukup bagus, bradsis..
 
Ban emang berperan penting terkait performa seorang pembalap di dalam sirkuit. Apalagi, balapan di sirkuit Valencia, Spanyol, berlangsung cukup panjang, yakni 30 lap. Ditambah lagi, ada beberapa titik hard braking juga di sini, bradsis.
 
Namun, Rossi mengaku punya feeling yang bagus dengan ban yang digunakannya selama latihan di hari pertama ini, baik dengan ban baru, ban bekas, hard ataupun medium.
 
"Saya cukup senang, cukup puas dengan hari Jumat ini, karena kami memulainya dengan baik sejak pagi tadi dan khususnya kami bekerja dengan baik sepanjang latihan dan saya mampu meningkatkan catatan waktu tiap keluar dari pit. Juga dengan ban bekas, di sini sangat penting mengingat balapan akan panjang dan ban sering slide," ungkap Rossi.
 
"Kami lanjut bekerja dengan arah yang baik di siang hari, saya jauh lebih kompetitif dari pagi hari dan mampu meningkatkan catatan waktu. Kami memutuskan untuk bekerja juga dengan ban hard dan saya cukup kuat, saya merasa baik dengan motor dan mampu mencatat waktu dengan bagus. Ban belakang hard bisa menjadi pilihan untuk balapan, khususnya karena start dari paling belakang, saya harus tampil kencang selama 30 lap untuk mengejar ketertinggalan," lanjutnya.
 
Rossi dan timnya udah ngebandingin ban belakang medium dan hard, bradsis. Ban belakang tipe medium emang ngasih grip lebih baik dan bikin motor lebih kencang juga jadinya, terutama di awal-awal lap. Namun, Rossi mengakui bedanya gak signifikan, di hari kedua nanti bakal jadi penentuan.
 
Beberapa pembalap Honda justru kesulitan dengan ban depan, sebagian bilang bahwa ban depan yang dibawa Bridgestone di Valencia ini terlalu soft, bradsis. Tapi Rossi mengaku baik-baik aja dengan ban depannya.
 
"Secara umum saya senang, karena saya membalap dengan baik, saya merasa baik dengan motor dan untuk hari pertama ini adalah performa yang bagus, dengan catatan waktu yang bagus. Kami akan lanjut bekerja seperti ini besok," ujar Rossi.
 
Sementara yang lain ikutan Q2 untuk mencari posisi start terbaik, Rossi bakal ikut Q2 untuk simulasi balap, bradsis. Namun hal ini juga gak gampang, karena bakal ada banyak pembalap di sirkuit yang bisa memperlambat.
 
"Valencia adalah sirkuit yang sulit untuk mengejar ketertinggalan, karena sirkuit ini cukup sempit dan juga di trek lurus kami tidak begitu kencang. Top speed kami tidak begitu baik. Jadi, kami harus memahami poin-poin lain untuk menyalip dan kami butuh setting yang bagus untuk pengereman saat masuk tikungan," tuntasnya.

Text: Donny (donny@motorexpertz.com),
Photo: motogp.com
  450 Votes

Artikel Terkait

  1186   0
02
Nov
2019
Fabio Quartararo
  14675   0
29
Okt
2019
Fabio Quartararo
  6070   0
29
Okt
2019
Andrea Iannone Dan Aleix Espargaro
CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !