Yamaha Grand Filano, Pesaing Vespa S125, Ini Dia Perbedaannya
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
ME-REVIEW
07
Jul
2015

Yamaha Grand Filano, Pesaing Vespa S125, Ini Dia Perbedaannya

  45915   0
Yamaha Grand Filano, Pesaing Vespa S125, Ini Dia Perbedaannya
Yamaha Grand Filano, Pesaing Vespa S125, Ini Dia Perbedaannya
Yamaha Grand Filano, Pesaing Vespa S125, Ini Dia Perbedaannya
Yamaha Grand Filano, Pesaing Vespa S125, Ini Dia Perbedaannya

JAKARTA, ME. Peminat skutik di Indonesia makin ramai aja, utamanya cocok di perkotaan yang lalu lintasnya cukup padat, bradsis. Kalo sebelumnya brader n sista sempat terkejut dengan skutik 150cc, seperti Honda Vario 150 eSP dan Yamaha NNMAX, skutik 125cc juga ternyata masih diminat. Modelnya juga lebih berani keluar dari pakem seperti Vario 125, Yamaha Mio M3 atau Soul GT125. Yamaha Indonesia juga belum lama ini melansir Yamaha Grand Filano dengan model retro klasik..

Meski mengusung konsep skuter retro klasik, Grand Filano tak bisa disamakan dengan Yamaha Fino yang udah duluan beredar di Indonesia, bradsis. Modelnya ini lebih mengingatkan kita pada model skutik retro bergaya Eropa. Bisa dibilang berhadapan langsung dengan Vespa dengan bodi bohay yang khas.

Grand Filano dengan mesin 125cc head to head langsung dengan varian Vespa terbaru yaitu Vespa S125. Dari segi tampilan Grand Filano punya bentuk yang punya ciri khasnya sendiri. Bodinya yang membulat sama seperti Vespa tapi tarikan garis bodinya lebih berkarakter memperkuat nuansa retro modern yang kental.

Paling unik bagian buntutnya yang dilengkapi stoplamp menarik. Bentuknya emang gak jauh beda dengan Vespa S125. Stoplamp Grand Filano udah pakai teknologi LED dengan bentuknya yang menyatu dengan bodi. Sedangkan Vespa S125, masih menggunakan lampu bohlam, namun tetap keren dengan modelnya yang sama menarik seperti Sprint atau Primavera, bradsis.

Fitur
Vespa S125 sebenarnya memiliki fitur yang hampir sama saja dengan varian Vespa lainnya, seperti LX, Sprint atau Primavera. Pada bagian speedometer, Vespa S125 masih menggunakan tipe analog, namun dikemas menarik dan tetap mudah dibaca, bradsis. Untuk fitur tambahan pada bagian depan, ada bagasi mungil yang ditempatkan pada dek depan.

Sedangkan untuk bagasinya, lebih kecil dari Grand Filano, tapi masih mampu memuat satu helm full face. Kemudian posisi tangki bahan bakar juga berada di bawah jok di belakang bagasi. Kapasitasnya untuk ukuran skutik 125cc sangat besar yaitu 7,5 liter.

Fitur kunci kontaknya juga setingkat lebih maju dari Grand Filano. Vespa S125  mempunyai kunci kontak yang sudah dilengkapi immobilizer.

Melihat Grand Filano, skutik ini punya cukup banyak fitur unggulan yang ditawarkan. Mulai dari speedometer yang yang mengkombinasikan digital dan analog. Selain ada petunjuk bahan bakar, juga ada Eco indicator yang posisinya berada di bagian bawah. Oh iya, posisi tangki bahan bakar Grand Filano ada di depan tepatnya di dek sebelah kiri.

Cara membukanya cukup menekan tombol yang berdekatan dengan kunci kontak. Bagian bawah tombol pembuka tangki juga ada tombol pembuka jok. Kunci kontaknya juga sudah dilengkapi shutter key dan answer back system mirip punya matik Honda.

Saat membuka jok, bagasinya juga cukup luas dengan kapasitas 27 liter dan di dalamnya dilengkapi lampu kecil. Jadi, saat malam hari bisa mempermudah penggunanya saat mengambil atau menyimpan barang. Kapasitas bagasi yang besar lantaran tangki ada di depan tidak seperti skutik lainnya, bradsis. Tapi meski posisi tangki di dek depan kapasitasnya juga lumayan besar yaitu 4,4 liter.

Kaki-kaki
Bagi pengguna skutik Yamaha umumnya pasti lebih familiar dengan penggunaan lingkar roda ukuran ring 14. Berbeda dari skutik Yamaha lainnya, Grand Filano menggunakan roda 12 inci dengan ukuran ban 110/70-12 untuk depan dan belakang.

Sedangkan Vespa S125 memakai lingkar roda berukuran 110/70-11 untuk depan dan 120/70-10 untuk belakang. Satu lagi yang menjadi ciri khas Vespa, yaitu dengan suspensi depan dengan model trail link suspension. Tipe suspensi ini jadi ciri khas varian Vespa dengan monoshock depan-belakang.

Mesin
Grand Filano mempunyai mesin yang sama dengan basis mesin Mio M3 125cc dan berteknologi Blue Core. Power yang dihasilkannya 6.0 kW (8.2 PS) pada 6.500 rpm dan tosi puncaknya 9.7 Nm pada 5.000 rpm.

Sementara Vespa S125 mempunyai mesin yang sama 125cc tapi sudah menggunakan 3 klep. Tenaga mesinnya 7.2 kW (9.6 PS) pada 7.750 rpm dan torsi puncaknya 9.5 Nm pada 6.000 rpm.

Dengan kapasitas mesin yang sama dan tipe skutik retro modern, Vespa S125 dan Yamaha Grand Filano termasuk skutik 125cc favorit. Tapi termasuk istimewa bagi pengguna Grand Filano karena Yamaha Indonesia hanya mendatangkannya dari Thailand dengan jumlah 350 unit.

Untuk harga, keduanya punya selisih yang tak jauh. Grand Filano dibanderol Rp 28 juta dan Vespa S125 dijual Rp 28.5 juta (OTR Jakarta)..

Text: Ismet (ismet@motorexpertz.com),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Dok. ME
  878 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !