Apa Aja Sih yang Diajarin Rifat Drive Labs Dalam GO-JEK Street Smart?
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
ME-UPDATE
30
Jun
2015

Apa Aja Sih yang Diajarin Rifat Drive Labs Dalam GO-JEK Street Smart?

  45110   0
Apa Aja Sih yang Diajarin Rifat Drive Labs Dalam GO-JEK Street Smart?Apa Aja Sih yang Diajarin Rifat Drive Labs Dalam GO-JEK Street Smart?
Apa Aja Sih yang Diajarin Rifat Drive Labs Dalam GO-JEK Street Smart?Apa Aja Sih yang Diajarin Rifat Drive Labs Dalam GO-JEK Street Smart?
Apa Aja Sih yang Diajarin Rifat Drive Labs Dalam GO-JEK Street Smart?
Apa Aja Sih yang Diajarin Rifat Drive Labs Dalam GO-JEK Street Smart?

JAKARTA, ME. Rifat Sungkar bakal sibuk banget nih dengan kerjasama barunya dengan PT GO-JEK Indonesia (GO-JEK). Kedua pihak ini bekerjasama dalam program GO-JEK Street Smart, bradsis. Rifat selaku pendiri Rifat Drive Labs bakal ngajarin safety riding kepada ribuan anggota GO-JEK..
 
Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan skill dan kewaspadaan para anggota GO-JEK. Supaya bisa ngasih rasa aman dan nyaman yang lebih, baik untuk orang maupun barang yang dibawa, bradsis. Sejauh ini, GO-JEK udah punya anggota sekitar 10.000 orang.
 
"Di dalam pelaksanaannya, karena GO-JEK begitu banyak, untuk batch pertama kami akan latih 120 orang per hari. Kami akan mengajak mereka ke kelas teori terlebih dahulu. Kelas teori ini penting, untuk mengubah mindset (pola pikir) mereka. Edukasi yang kami ajarkan bukan semata-mata teori saja, tapi diikuti dengan praktek," buka Rifat.
 
Prakteknya sendiri bakal dibagi 2 grup, yakni skill awareness dan commentary riding, bradsis. Di skill awareness ada 7 hal yang diajarkan.
Pertama adalah bagaimana bermanuver dengan rintangan angka 8 besar dan kecil dengan membawa barang di belakang.
 
"Kalo cuma belok kanan-kiri doang itu gampang, tapi ketika disuruh bermanuver dengan membawa tanggung jawab, maka yang kita rasakan berbeda," ujar Rifat.
 
Kemudian dilanjutkan lagi dengan slalom. "Ini kita bicara tentang weight transfer. Kalo kita bawa orang, kita belok ke kanan, biasanya orang yang kita bonceng akan berlawanan. Jadi, kita bekali mereka ilmu pengetahuan untuk bisa menyikapi hal ini," sambungnya.
 
Lanjut lagi dengan pengetahuan blindspot balance, bradsis. Lalu juga ada praktek bermanuver di jalan sempit, jalan rusak, dan rintangan seperti balancing board dan stair case. Lalu diakhiri dengan edukasi pengereman.
 
"Kita tidak pernah tahu, harus berpindah dari jalan mulus ke jalan semen, turun ke jalan berlubang, ini berguna untuk ningkatin skill pengendara. Untuk stair case, peserta diminta untuk melwati tangga yang ditidurin, ini merupakan simulasi jalanan bumpy," terang Rifat.
 
Latihan kedua adalah commentary riding, bradsis. "Instruktur RDL akan ikut dengan pengendara GO-JEK untuk selanjutnya memberi review tentang cara bekendara mereka," lanjutnya.
 
Gak cuma dalam berkendara aja, tapi Rifat dan timnya juga bakal ngasih pengetahuan tentang pre-trip inspection. Jadi, pengendara GO-JEK harus memperhatikan penampilan dan kelengkapan berkendaranya sebelum mulai naik motor.
 
"Kami tahu semua anggota GO-JEK ini sudah bisa naik motor. Tugas kami adalah mengedukasi mereka, meng-upgrade mereka, agar lebih meningkat lagi kewaspadaannya terhadap keamanan dan kenyamanannya. Agar rasa kepercayaan para konsumen juga semakin meningkat terhadap GO-JEK," tutup Rifat.

Text: Donny (donny@motorexpertz.com),
Photo: Donnyantoro
  764 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !