Safety Riding Sulit, ini dia Kisi-kisi Jadi Juara Safety Riding Nasional
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
KNOWLEDGE
05
Jun
2015

Safety Riding Sulit, ini dia Kisi-kisi Jadi Juara Safety Riding Nasional

  13611   0
saat star di tantangan slalom corse
saat star di tantangan slalom corse
melewati papan keseimbangan
melewati papan keseimbangan
menikkung  yang benar saat slalom corse
menikkung yang benar saat slalom corse
menikung saat slalom corse
menikung saat slalom corse

BANDUNG, ME. Gelaran kontes safety riding yang selalu diadakan pabrikan Honda membuat para peserta bersaing ketat, bradsis. Pasalnya, selain ilmu yang bisa didapat, jejeran hadiah dan kesempatan kerja bisa diperoleh oleh para pemenang. Kontes ini juga ditunggu-tunggu oleh banyak brader n sista dari komunitas..

Tahun 2015, PT Daya Adicipta Mustika (DAM) selaku distributor motor Honda di wilayah Jawa Barat, udah selesai mencari peserta terbaik yang akan dibawa ke tingkat Nasional. Di beberapa daerah lainnya juga ada yang mengajak komunitas motor Honda untuk ikut kompetisi safety riding ini. Nah, buat brad n sist yang mau ikutan juga, ME kasih tahu kisi-kisinya nih.

Para peserta wajib melewati dua rintangan, di antaranya papan keseimbangan dan slalom course. Selain itu, 7 postur tubuh wajib loe praktikan di kontes kali ini, karena termasuk juga dalam penilaian juri, bradsis.

Setiap peserta diberikan tabungan nilai, yang nantinya akan berkurang jika para peserta tidak menerapkan postur tubuh dalam berkendara. Bahkan jika peserta jatuh, mereka tidak akan mendapatkan poin sama sekali.

Papan keseimbangan wajib dilalui selama lebih dari 30 detik, bradsis. Makin lama loe berada di atas papan keseimbangan, makin menjadi pertimbangan buat menjadi juara.

Jangan seneng dulu, masih ada tahapan kedua nih, yakni slalom corse, dimana setiap peserta wajib betot gas dengan melalui jalur yang sudah ditentukan. Dalam tahap ini, waktu tercepat bakal jadi pertimbangan untuk mendapatkan pemenang, bradsis.

Awalnya, para peserta masuk dalam garis start. Setelah juri memberikan tanda peserta untuk melintas, peserta diwajibkan untuk menoleh kanan dan langsung riding melintasi trek. Sampai di garis finish, peserta wajib ada di dalam kotak dengan menoleh kanan, kondisi motor di sini wajib tetap menyala yaa.

Kelihatannya emang mudah, apalagi buat yang doyan komentar, gampang banget pastinya. Saat langsung mencoba, pasti butuh waktu agar terbiasa dengan postur tubuh yang benar dan cara melewati rintangan tersebut, bradsis.

Aldea Henry, salah satu instruktur safety riding PT DAM, memaparkan beberapa cara untuk melalui tantangan dengan mudah, seperti peserta yang wajib konsentrasi, fokus, sabar, dan skill yang bermain. Cara seperti ini selalu diterapkan olehnya saat latihan atau memberi pembekalan safety riding.

Sebagai wakil Honda regional Jawa Barat, nantinya peserta terbaik bakal melakukan pendidikan safety riding lagi, sebelum ikut kompetisi safety riding tingkat nasional di Palembang pada bulan Agustus mendatang..

Text: Arbi (arbi.motorexpertz@gmail.com),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Arbi
  480 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !