Gak Cuma Pakai Girboks Seamless, Aprilia RS-GP Alami Perubahan Besar-besaran
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
MOTOGP
27
Mei
2015

Gak Cuma Pakai Girboks Seamless, Aprilia RS-GP Alami Perubahan Besar-besaran

  10071   0
Gak Cuma Pakai Girboks Seamless, Aprilia RS-GP Alami Perubahan Besar-besaran
Gak Cuma Pakai Girboks Seamless, Aprilia RS-GP Alami Perubahan Besar-besaran

MUGELLO, ME. Di seri keenam MotoGP 2015 yang digelar di sirkuit Mugello, Italia, Aprilia punya kejutan, bradsis. Mereka udah siap pakai girboks seamless pada Aprilia RS-GP. Tapi gak cuma girboks seamless doang, masih ada beberapa peningkatan lainnya..
 
Seri keenam kali ini bisa dibilang bakal jadi seri paling sibuk untuk tim Factory Aprilia Gressini. Pasalnya, ada banyak hal yang mereka coba dan tes untuk bisa alami peningkatan saat balapan nanti.
 
Girboks seamless, baik saat naik atau turunin gigi, semua udah diklaim sukses. Tinggal bagaimana penyesuaian dengan setting lainnya. Sebelum dinyatakan sukses, Alvaro Bautista sempat bilang bahwa girboksnya gak jauh beda dengan milik Honda, bradsis.
 
"Mugello akan menjadi balapan yang penting, karena di trek ini pertama kalinya kami akan menggunakan girboks seamless untuk kedua pembalap kami. Masukan positif dari Bautista setelah sesi tes di Jerez meyakinkan kami untuk mempercepat pengembangan agar bisa membuat girboks ini siap secepat mungkin untuk dipakai balapan," terang Romano Albesiano, selaku Aprilia Racing Manager.
 
Girboks seamless ini adalah pengembangan dari girboks motor ART yang tahun lalu masuk kategori Open. Sementara untuk musim 2016 nanti, girboks seamless yang benar-benar baru udah disiapin, bradsis. Musim 2016 juga yang menandakan Aprilia bakal turun sebagai tim pabrikan seutuhnya.
 
Selain girboks seamless, bagian sasis dan lainnya juga bakal jadi fokus Bautista dan Marco Melandri selama sesi latihan seri keenam ini. "Sebagaimana pentingnya transmisi yang baru, itu bukan satu-satunya fitur terbaru kami. Kami telah menyiapkan beberapa variasi dari aerodinamis dan sasis. Semua bagian ini adalah jalan kami menuju peningkatan yang kami harap bisa menuai sukses di Mugello," harap Albesiano.
 
Dengan Aprilia memakai girboks seamless pada motornya, ini berarti tinggal Suzuki doang satu-satunya pabrikan motor di grip MotoGP yang masih mengandalkan girboks konvensional. Belum ada kejelasan juga kapan Suzuki bakal siap menggunakan girboks seamless pada GSX-RR mereka..

Text: Donny (donny@motorexpertz.com),
Photo: motogp.com
  374 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !