Suzuki Lebih Cocok di 2 Sirkuit ini, Lima Besar atau Podium?
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
MOTOGP
24
Mar
2015

Suzuki Lebih Cocok di 2 Sirkuit ini, Lima Besar atau Podium?

  14367   0
Suzuki Lebih Cocok di 2 Sirkuit ini, Lima Besar atau Podium?
Suzuki Lebih Cocok di 2 Sirkuit ini, Lima Besar atau Podium?

JAKARTA, ME. Jelang seri perdana MotoGP 2015, performa Suzuki GSX-RR makin meningkat, khususnya yang dibesut oleh Aleix Espargaro. Pada sesi tes pra-musim di Losail, Qatar, mereka sempat sanggup bertahan di lima besar, bradsis. Tim ME jadi penasaran nih, bakal kayak apa performanya di sirkuit lain..
 
Saat gelaran Grand Final Suzuki Indonesia Challenge (SIC) 2015, test rider MotoGP, Nobuatsu Aoki, juga turut diundang untuk ngasih coaching clinic pada para finalis SIC. Mumpung salah satu orang yang paling paham dengan GSX-RR dan dengan rasa penasaran paling tinggi, tim ME pun sempat bertanya pada Aoki, sirkuit mana yang kira-kira paling cocok dengan GSX-RR ini.
 
"Sejauh ini, saya rasa GSX-RR akan lebih cocok di Sachsenring (Jerman) dan Phillip Island (Australia)," ujar Aoki.
 
Nah, ini menarik juga, bradsis. Pasalnya, kedua karakter sirkuit tersebut cukup sulit, bahkan untuk sekelas motor Yamaha sekalipun. Di Sachsenring, Honda udah ngumpulin 6 kemenangan, 4 dari Dani Pedrosa dan 2 dari Marc Marquez, sementara Yamaha cuma 3 dari Valentino Rossi.
 
Sedangkan untuk Phillip Island, Yamaha udah ngoleksi 4 kemenangan, 3 dari Rossi dan 1 dari Jorge Lorenzo. Casey Stoner, sang tuan rumah, udah ngoleksi 6 kemenangan yang diraih saat bersama Ducati dan Honda.
 
Kedua sirkuit ini sama-sama didominasi tikungan ke kiri, bradsis. Sachsenring punya 10 tikungan kiri dan 3 tikungan kanan, dengan panjang sirkuit mencapai 3,7 km dan lebar 12 meter. Trek lurusnya sendiri mencapai 700 meter. Musim lalu, banyak yang ngalamin crash di tikungan 11 (Waterfall). Tikungan ke kanan yang ditemui setelah pembalap ngelewatin 6 tikungan kiri.
 
Sementara Phillip Island, terdapat 7 tikungan kiri dan 5 tikungan kanan, dengan panjang sirkuit 4,4 km dan lebar 13 meter. Trek lurusnya mencapai 900 meter. Kesulitan di sirkuit ini sendiri adalah tiupan angin dari arah laut, bradsis. Pasalnya, letak sirkuit Phillip Island gak jauh dari laut. Faktor aerodinamis berperan cukup penting juga di sini.
 
Tapi, Aoki bilang GSX-RR bakal lebih cocok di dua sirkuit tersebut. Berarti kalo boleh dibilang, manajemen ban dan aerodinamis jadi unggulan motor ini, bradsis. Kalo di Qatar aja mereka sempat masuk lima besar, bisa jadi hasil ini terulang lagi di Sachsenring dan Phillip Island, atau mungkin bisa naik podium juga?
 
Suzuki sendiri tetap terus melakukan pengembangan pada motor mereka, mengingat regulasi Factory 2 tidak membatasi jumlah mesin yang akan dipakai. Aoki juga membeberkan dirinya tetap terlibat menjadi test rider untuk ngembangin GSX-RR ini, bradsis..

Text: Donny (donny@motorexpertz.com),
Photo: motogp.com
  408 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !