Gak Semua Spion itu Sama, Beda Pabrikan Bisa Beda Juga Alurnya
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
KNOWLEDGE
24
Mar
2015

Gak Semua Spion itu Sama, Beda Pabrikan Bisa Beda Juga Alurnya

  219460   0
mengencangkan berlawanan arah jarum jam
mengencangkan berlawanan arah jarum jam
mengencangkan searah jarum jam
mengencangkan searah jarum jam

JAKARTA, ME. Spion orisinil motor emang agak kaku dan ngebosenin tampilannya, bradsis. Maka itu, banyak toko-toko aksesori motor yang nawarin berbagai macam model spion. Mulai dari yang sporty sampai yang retro, pasti ada deh..

Tapi jangan lupa, loe gak bisa asal beli spion. Pasalnya, beberapa motor ada yang bentuk dan alur bautnya berbeda. Nah, berarti beberapa merk motor ada yang ulir atau dratnya sama, bradsis. "Spion di motor Honda membukanya searah jarum jam, dan untuk ngencengin sebaliknya. Nah, kalo untuk motor Suzuki, ngencenginnya searah jarum jam dan untuk ngebukanya berlawanan jarum jam," ujar Maryono Kepala toko RPM Ciledug.

Tuh kan bener, Honda dengan Suzuki berbeda, bradsis. Walaupun sekarang sudah ada adaptor untuk spion, tapi tanpa peranti ini loe udah bisa menggunakan spion motor lain juga kok.

Spion motor Honda dan Kawasaki memiliki arah ulir yang sama, antara spion kanan dan kiri, dengan diameter yang besar. Seperti yang Maryono bilang, untuk membuka spion cukup loe putar searah jarum jam, dan untuk memasang sebaliknya.

Selanjutnya spion yang bisa saling subtitusi dengan merk motor lainnya adalah Yamaha, Bajaj, dan TVS, bradsis. Secara ukuran dan ulir baut sama, untuk spion sebelah kiri mengencangkan searah jarum jam, dan untuk sebelah kanan untuk mengencangkan cukup berlawanan dengan arah jarum jam, dan untuk membuka sebaliknya yaa, bradsis.

Kalo untuk Suzuki agak sedikit berbeda deh. Dengan ukuran diameter lebih kecil, spion ini memiliki alur yang sama dengan merk Honda. Jadi, untuk brad n sist yang mau menggunakan subtitusi spion dari tetangga sebelah, wajib perhatikan alur dan ukuran diameternya ya.

Text: Arbi (arbi.motorexpertz@gmail.com),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Dok. ME
  1230 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (46)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !