Tak Kenal Maka Tak Sayang.. Yuk, Kenal Lebih Dekat Teknologi eSP!
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
ME-REVIEW
19
Jan
2015

Tak Kenal Maka Tak Sayang.. Yuk, Kenal Lebih Dekat Teknologi eSP!

  30273   0
teknologi-eSP-19-1-2015
teknologi-eSP-19-1-2015
sisi-kiri-mesin-teknologi-eSP-19-1-2015
sisi-kiri-mesin-teknologi-eSP-19-1-2015
sisi-kanan-teknologi-eSP-19-1-2015
sisi-kanan-teknologi-eSP-19-1-2015
bagian-knalpot-teknologi-eSP-19-1-2015
bagian-knalpot-teknologi-eSP-19-1-2015

JAKARTA, ME. Perkenalan dengan All New Vario 125 eSP dan 150 eSP minggu lalu (14/1) menandai PT Astra Honda Motor (AHM) udah mengibarkan bendera perang. Ups, jangan negatif dulu, yang dimaksud dengan bendera perang adalah persaingan teknologi di semua jenis matik.

Pasalnya, di awal tahun ini, AHM baru aja ngeluarin 2 jenis matik dengan fitur dan teknologi terbaru. AHM juga berkomitmen bahwa di tahun ini seluruh matik Honda akan menggunakan teknologi eSP..

Sekarang ini, hampir semua skutik Honda udah dilengkapi dengan mesin berteknologi eSP, bradsis. Tapi sebelumnya, brader n sista udah tau belum kepanjangan dan pengertiannya? “Teknologi eSP adalah kepanjangan dari “Enhanced Smart Power”, Teknologi ini adalah rangkaian mesin generasi terbaru model skuter matic global milik Honda," jelas Sarwono Edhi, Tech. Training Develelopment AHM.

Sebelum brad n sist beli motor dengan teknologi eSP, loe juga mesti tau komponen apa aja sih yang terdapat di teknologi eSP ini.

1. ACG Starter
Teknologi yang berfungsi untuk mengurangi gesekan, sehingga menghidupkan mesin lebih halus tanpa suara, sekaligus mendukung fungsi fitur ISS (Idling Stop System).

2. Offset Cylinder
Berfungsi untuk mengurangi gesekan antara piston dan silinder, dengan mengatur ulang posisi silinder dan crankshaft.

3. Roller Type Rocker Arm
Menggunakan Shell type Needle Bearing sebagai poros, sehingga dapat mengurangi gesekan dan mengurangi beban pegas katup.

4. Spinny Sleeve
Tekstur berduri dinding silinder yang menjaga bentuk lingkaran dengan sempurna, sehingga dapat mengurangi distorsi dan kerugian akibat gesekan lainnya.

5. Squish
Berfungsi agar pengapian lebih baik dan pembakaran lebih cepat.

6. Tumble
Berfungsi agar penyebaran bahan bakar yang merata dan menjadikan pembakaran lebih baik.

Mesin eSP ini juga ada teknologi pendukungnya lagi lho, bradsis:

1. Teknologi PGM-FI

Sistem suplai bahan bakar dengan menggunakan sistem semprot hampir setipis kabut, sehingga pemakaian bahan bakar bisa lebih efisien dan ramah lingkungan.

2. Teknologi CBS (Combi Brake System)

Dengan menarik tuas rem kiri, maka rem belakang dan depan dapat berfungsi bersamaan dan pengereman pun jadi lebih optimal.

3. Teknologi ISS (Idling Stop System)

Teknologi yang dirancang untuk mengurangi emisi dan konsumsi bahan bakar saat kondisi berhenti. ISS akan mematikan mesin motor secara otomatis apabila brad n sist berhenti selama 3 detik, dan untuk menyalakan mesin hanya dengan memutar sedikit tuas gas.

”Teknologi eSP ini akan menambah efisiensi pembakaran dan mereduksi energi terbuang. Dengan teknologi ini, maka motor matik Honda akan menghasilkan efisiensi bahan bakar dan performa kendaraan yang tinggi pada saat berkendara," tambahnya.

Nah, jadi udah jelas kan bradsis, komponen dan keunggulan dari teknologi eSP? Kalo sudah kenal begini, tinggal nunggu tanggal jadiannya aja deh.

Text: Arbi (arbi.motorexpertz@gmail.com),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Dok. ME
  786 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (46)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !