Impresi ME, Vario 150 eSP: Desain dan Performa Juara, Harga Gak Bohong
GM Juli 2015
Dunia Scooter Magazine
Achilles Tire
FIRST RIDE
15
Jan
2015

Impresi ME, Vario 150 eSP: Desain dan Performa Juara, Harga Gak Bohong

  20424   0
Impresi ME, Vario 150 eSP: Desain dan Performa Juara, Harga Gak Bohong
Impresi ME, Vario 150 eSP: Desain dan Performa Juara, Harga Gak Bohong
Impresi ME, Vario 150 eSP: Desain dan Performa Juara, Harga Gak Bohong
Impresi ME, Vario 150 eSP: Desain dan Performa Juara, Harga Gak Bohong
Impresi ME, Vario 150 eSP: Desain dan Performa Juara, Harga Gak Bohong
Impresi ME, Vario 150 eSP: Desain dan Performa Juara, Harga Gak Bohong

JAKARTA, ME. Saat peluncuran produk terbaru PT Astra Honda Motor (AHM), Vario 150 eSP, mereka sekaligus menggelar sesi test ride untuk rekan-rekan media di areal Parkir Timur Senayan, Jakarta, bradsis. Ngeliat desainnya udah ngiler, gak sabar juga mau ngerasain performa dari skutik 150 cc ini. Yuk, langsung gas aja..
 
Sebelum berkesempatan naik skutik injeksi terbaru Honda ini, Tim ME udah ngiler duluan lihat desainnya yang sporty. Aksen karbon di beberapa bagian body juga bikin tampilan Vario 150 eSP ini jadi makin keren, bradsis.
 
Saat naik di atas Vario 150 eSP ini, yang pertama test rider ME komentarin adalah joknya nih. Joknya terbilang keras, mungkin karena masih baru keluar dari pabrik, bradsis. Jok keras masih bisa dibantu dengan suspensi yang lembut. Sayangnya, area test ride yang disediain AHM gak dilengkapi dengan rintangan bumpy.
 
Tapi saat dicoba jalan oleh test rider ME yang memiliki postur 155/48, suspensinya gak terlalu keras, bradsis. Tim ME juga sempat mencoba untuk boncengan. Buat yang dibonceng juga nyaman, joknya gak licin dan gak terlalu landai.
 
Masih gak sabar mau ngerasain performanya, langsung aja putar kunci kontak ke posisi ON. Panel indikator menyala, sesuai yang dijanjiin Honda, tampilannya emang enak di mata, mudah dibaca pula. ACG Starter juga gak bohong, begitu dipencet electric starter-nya, Vario 150 eSP langsung menyala dengan suara halus. Langsung gas deh...
 
Performanya juga gak mengecewakan, bradsis. Honda mengklaim mesin berkapasitas 150 cc ini punya tenaga maksimum 9,3 kW pada 8500 rpm dan torsi maksimum 12,8 Nm pada 5000 rpm. Bahkan, menurut hasil test intern Honda, Vario 150 eSP ini punya top speed mencapai 102 km/jam, bradsis. Untuk akselerasinya, 0-200 meter bisa ditempuh dalam 11,94 detik.
 
Tapi itu menurut test intern Honda, nanti bakal tim ME "siksa" lebih dalam untuk lihat sampai mana limit Vario 150 eSP ini, bradsis. Termasuk ngetes konsumsi bahan bakarnya yang diklaim Honda cuma ngabisin 52,9 km/liter dengan metode ECE R40. Tim ME bakal ngetes konsumsinya dengan kondisi nyata jalan raya di perkotaan.
 
Beralih ke masalah pengereman, rem Combi Brake System (CBS) bekerja dengan maksimal, bikin pengereman makin optimal. Saat Vario 150 eSP digeber pol, dan test rider ME narik tuas rem sebelah kiri, rem depan dan rem belakang bekerja secara bersamaan. Titik pengereman saat mulai tuas ditarik hingga skutik berhenti juga gak jauh jaraknya, bradsis.
 
Diajak belok-belok juga masih handal nih, meskipun bodinya cukup besar dan lebar, tapi bobotnya cuma 109 kg, bradsis. Masih cukup enteng deh buat sista-sista sekalipun. Ban tubeless yang dipakai Vario 150 eSP juga cukup aman buat di jalan raya. Kebetulan, kondisi area test ride yang diguyur hujan juga sekaligus ngasih bukti bahwa bannya gak licin, bahkan saat ME ngetes untuk berbelok dan ngerem mendadak sekalipun.
 
Vario 150 eSP yang keluar dalam dua tipe, Exclusive dan Sporty, terdapat lima pilihan warna, bradsis. Untuk tipe exclusive, brader n sista bisa pilih warna Exclusive Matte Black dan Exclusive Pearl White. Sedangkan untuk tipe sporty, ada warna Titanium Black, Sonic White Blue, dan Bionic Red. Tipe Sporty dibanderol Rp 19,9 juta (OTR Jakarta) dan tipe Exclusive harganya Rp 20,05 juta (OTR Jakarta).
 
Harga emang cukup tinggi dibanding skutik buatan lokal lainnya, tapi dengan fitur-fitur yang ditawarkan, gak akan ngecewain brader n sista deh Vario 150 eSP ini..
 
Data spesifikasi Honda Vario 150 eSP:
Dimensi
Panjang X Lebar X Tinggi : 1.921 x 683 x 1.096 mm
Jarak Sumbu Roda : 1.280 mm
Jarak terendah ke tanah : 135 mm
Berat kosong : 109 Kg
Kapasitas tangki bahan bakar : 5,5 liter bahan bakar
 
Rangka
Rangka : Tulang punggung
Tipe suspensi depan : Teleskopik
Tipe suspensi belakang : Lengan ayun dengan shockbreaker tunggal
Ukuran Ban Depan: 80/90 - 14 M/C 40P (tanpa ban dalam)
Ukuran Ban Belakang : 90/90 - 14 M/C 46P (tanpa ban dalam)
Rem Depan : Cakram hidrolik, dengan piston tunggal
Rem Belakang : Tromol - sistem pengereman CBS
 
Mesin
Mesin : 4-langkah, SOHC dengan pendinginan cairan, eSP
Kelas : 150
Volume Langkah : 150 cc
Diameter X Langkah : 57,3 x 57,9 mm
Perbandingan Kompresi : 10,6 :1
Daya Maksimum : 9,3 kW / 8.500 rpm
Torsi Maksimum : 12,8 N.m / 5.000 rpm
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin: 0,8 liter pada penggantian periodik
Tipe Kopling : Otomatis, sentrifugal, tipe kering
Tipe Transmisi : Otomatis, V-Matic
Pola Pengoperan Gigi : Otomatis
Tipe Starter : Pedal dan elektrik
Kelistrikan : Tipe Battery
Battery 12V-5Ah, tipe MF
Busi : ND U22EPR-9, NGK CPR9EA-9
Pengapian : Full Transisterized, Baterai

Text: Donny (donny@motorexpertz.com),
Photo: Iman
  713 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (19)
B. Yamaha WR 250 R (49)
C. Viar Cross X 250 SE (34)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !