Apa Sih yang Dimaksud Penyeragaman ECU?
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
MOTOGP
23
Des
2014

Apa Sih yang Dimaksud Penyeragaman ECU?

  19016   0
Apa Sih yang Dimaksud Penyeragaman ECU?
Apa Sih yang Dimaksud Penyeragaman ECU?

JAKARTA, ME. Minggu ini, terdapat pembaharuan regulasi MotoGP lagi, terkait dengan penyeragaman sistem ECU (software) untuk musim 2016 mendatang. Biar gak salah tafsir, ayo coba kita bahas deh maksud dari bunyi regulasi yang baru ini, bradsis..
 
"Sudah diumumkan bahwa tim Pabrikan di kelas MotoGP harus menggunakan software terpadu dan akan berlaku mulai 1 Juli 2015. Sudah dikonfirmasi bahwa tim-tim yang berbeda, menggunakan mesin dari pabrikan yang sama, boleh menggunakan versi yang berbeda dari software terpadu."
 
Begitu bunyi dari regulasi MotoGP yang terbaru, terkait dengan penggunaan ECU, bradsis. Dari semuanya, kita telaah dulu maksud dari "sofwatre terpadu", yang dimaksud ini adalah software resmi yang dikeluarkan oleh Dorna. Hanya akan ada satu software aja yang boleh dipakai semua kompetitor di MotoGP.
 
Nah, software ini sendiri basisnya diambil dari kelas Open. Sedangkan untuk pengembangannya, semua pabrikan turut diajak untuk berperan serta selama 2015. Tapi untuk bisa ikut berperan, pabrikan seperti Honda, Yamaha, dan Ducati, harus berhenti mengembangkan software mereka pada tanggal 1 Juli 2015.
 
Ketiga pabrikan tersebut masih diijinin untuk balapan dengan software mereka sendiri sampai akhir 2015, gak boleh ada ubahan apapun kecuali update software yang tujuannya adalah untuk keamanan pembalap. Tiap pabrikan juga diminta untuk menghentikan pengembangan salah satu versi dari software yang mereka punya, baik itu untuk tim pabrikan maupun tim satelit sendiri.
 
Sedangkan untuk dua pabrikan yang baru masuk, Suzuki dan Aprilia, mereka boleh ikutan juga dalam pengembangan software terpadu ini, bradsis. Tapi berbeda dari tim pabrikan yang udah ada sekarang, Suzuki dan Aprilia masih boleh ngembangin software mereka sendiri sampai akhir 2015.
 
Penyeragaman ECU untuk musim 2016 ini adalah sebagai pengganti dari banyaknya kategori yang ada sekarang, seperti Factory, Factory 2, dan Open.

Text: Donny (donny@motorexpertz.com),
Photo: crash.net
  674 Votes

Artikel Terkait

  1186   0
02
Nov
2019
Fabio Quartararo
  14677   0
29
Okt
2019
Fabio Quartararo
  6070   0
29
Okt
2019
Andrea Iannone Dan Aleix Espargaro
CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !