Berkat Modifikasi UCP-RUK, Sri Lestari Sukses Taklukkan Sumatera
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
ME-ADVERTORIAL
14
Okt
2014

Berkat Modifikasi UCP-RUK, Sri Lestari Sukses Taklukkan Sumatera

  25925   0
Sri lestari Sukses taklukan Sumatera dengan TVS Rock Z
Sri lestari Sukses taklukan Sumatera dengan TVS Rock Z
TVS Rock Z Modifikasi
TVS Rock Z Modifikasi
Dimodifikasi  khusus pengguna Disabel
Dimodifikasi khusus pengguna Disabel
Perseneling diubah agar bisa digunakan menggunakan tangan
Perseneling diubah agar bisa digunakan menggunakan tangan
Tetap nyaman saat oper gigi
Tetap nyaman saat oper gigi
Kursi roda masuk lewat bagian belakang motor ini.
Kursi roda masuk lewat bagian belakang motor ini.

JAKARTA, ME. Sri Lestari baru saja pulang dari Tour Inspirasional-nya dengan menjelajah pulau Sumatera dari Sabang sampai Jakarta. Pada konferensi pers yang diadakan di main dealer TVS di Jl. Dewi Sartika, Jakarta (13/10), Sri Lestari juga membeberkan spesifikasi motor modifikasi yang dipakainya, bradsis.

Sri Lestari menggunakan TVS RockZ yang sudah dimodifikasi untuk melakukan Tour Inspirasional jelajah Sumatera. Suksesnya perjalanan rider wanita yang juga penyandang difabel ini didukung oleh UCP Roda Untuk Kemanusiaan (UCP-RUK), yang memodifikasi motor TVS RockZ miliknya menjadi senyaman mungkin, bradsis.

Dengan mempercayai brader Bambang dari bengkel Modifikasi UCP-RUK di Klaten, perubahan paling terlihat ada pada bagian setang/kemudi, serta bodi tambahan yang khusus dibuat agar kursi roda Sri Lestari bisa masuk di atasnya, sekaligus sebagai kursi saat berkendara. Dengan perubahan ini, otomatis TVS RockZ menggunakan roda tiga, bradsis. Persneling juga pasti diubah agar bisa digunakan dengan tangan.

Untuk bodi asli dari TVS Rock Z tidak ada perubahan, hanya saja digunakan sebagai jok penumpang, mirip-mirip sespan gitu, bradsis. Bagian pengereman belakang juga dipindah ke bagian setang, layaknya pengereman di motor matik.

“Secara keseluruhan, dari mesin, pengereman, dan suspensi, udah nyaman banget modifikasinya. Hanya saja bagian untuk tempat kursi roda saya belum dibuat dudukan kunci yang terhubung dengan motor. Jadi, saya hanya menggunakan kunci roda pada kursi roda saya,” ujar Sri Lestari.

“Tapi UCP-RUK  juga sedang kembangkan modifikasi terbaru untuk motor saya ini, agar lebih safety lagi, karena dengan kondisi seperti ini masih terlalu enteng dan kursi roda juga tidak terkunci dengan motor,” tambah Sri.

Nantinya, TVS juga bakal bekerja sama dengan UCP-RUK untuk memodifikasi motor bagi para penyandang difabel, bradsis. Saat ini sih, total biaya pengerjaan untuk TVS RockZ milik Sri Lestari berkisar antara Rp 4,5 - 6 jutaan, dan jika ditambahkan transmisi untuk gigi mundur (reverse) bisa sekitar Rp 9 jutaan.

Tapi jika sudah diproduksi secara massal mungkin bisa lebih murah lagi, dan ini bisa jadi rekomendasi bagi para difable yang ingin menggunakan sepeda motor agar lebih bebas lagi untuk beraktifitas berkendara.

Bahkan, TVS dan UCP-RUK sedang mengembangkan tiga model motor untuk pengendara difabel, bradsis. Di antaranya TVS RockZ seperti motor Sri Lestari ini, model lainnya menggunakan sespan, dan model motor standar dengan menggunakan roda tiga.

Text: ixzan.motorexpertz@gmail.com,
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Ichsan
  945 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !