Kisah Si Juara Dunia, Marc Marquez
covid-19-ME
SSS chain
GIIAS Surabaya 2020
MOTOGP
13
Okt
2014

Kisah Si Juara Dunia, Marc Marquez

  21961   0
Kisah Si Juara Dunia; Marc Marquez
Kisah Si Juara Dunia; Marc Marquez
Kisah Si Juara Dunia; Marc Marquez
Kisah Si Juara Dunia; Marc Marquez

MOTEGI, ME. Untuk MotoGP 2014 ini, sang pembalap sensasional, Marc Marquez, berhasil mempertahankan gelar juara dunia MotoGP dua kali berturut-turut di usia 21 tahun 237 hari. Kisah perjalanan karirnya menuju gelar dunia MotoGP, dimulai sejak tahun 2008 lalu, bradsis..

Debut GP125 2008

Pembalap asal Spanyol kelahiran 17 Februari 1993 di Cervera ini, memulai debutnya di Grand Prix pada tahun 2008, sebagai rookie berumur 15 tahun di kelas GP125.

Awal kariernya enggak berjalan mulus, karena di musim pertama itu kondisi fisiknya harus terhadang cedera di dua balapan pertama. Marquez baru pertama kali membalap saat seri ketiga digelar di Estoril, Portugal. Debutnya di Grand Prix ini diberkahi 1 kali podium di posisi ketiga, tepatnya di sirkuit Donington Park, Inggris, pada seri kedelapan.

Di tahun selanjutnya, dengan bekal pengalamannya, Marquez hanya meraih 2 kali podium bersama KTM Motosport. Tapi di tahun ketiganya di kelas GP125, pengalamannya baru membuahkan hasil. Marquez berhasil menjadi juara dunia di kelas tersebut untuk tahun 2010 dengan total 10 kemenangan dari total 14 seri.

Debut Moto2 2011

Di kelas Moto2 pada tahun 2011, sejatinya karirnya berjalan mulus. Bahkan, debutnya mengendarai motor 600cc itu langsung mengoleksi tujuh kemenangan dan dijagokan meraih gelar dunia. Tapi sayang, rekornya terputus di sirkuit Sepang, Malaysia, setelah mengalami kecelakaan di sesi latihan bebas.

Marquez pun harus merelakan sang pesaing saat itu, Stefan Bradl, meraih gelar juara dunia kelas Moto2 di tahun tersebut. Tapi di tahun 2012 atau tahun keduanya di kelas Moto2, Marquez sukses membayar lunas dengan keberhasilannya meraih gelar juara dunia Moto2 setelah mengoleksi sembilan kemenangan dari 14 kali podium.

Debut MotoGP 2013

Tahun lalu, Marquez menjadi pembalap termuda yang pernah merebut gelar juara dunia di kelas primer pada usia 20 tahun. Hasil tersebut berkat penampilannya yang selalu sensasional. Bahkan, Marquez juga menjadi pembalap rookie pertama yang menjadi juara dunia MotoGP setelah 35 tahun lalu (dihitung dari tahun lalu).

Kemenangan pertamanya di musim tersebut dicapai saat balapan di sirkuit Austin, Amerika, setelah melakukan debut pertama kelas primer di MotoGP Qatar yang membuahkan hasil podium ketiga.

Selama tahun 2013, Marquez jadi pengacau ketiga rider berpengalaman, rekan setimnya, Dani Pedrosa, dan kedua pembalap Yamaha, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo. Kesuksesan Marquez antara lain adalah berhasil meraih enam kemenangan dari 16 kali podium dari 18 seri MotoGP. Berarti, di musim lalu dia cuma absen 2 kali di atas podium.

Gelar juara pertama disegelnya tepat di MotoGP Spanyol, Valencia, dengan hanya membutuhkan finish di posisi tiga besar. Saat itu, Marquez berhasil finish di posisi ketiga. Alhasil, Marquez hanya unggul 4 poin atas Lorenzo di tangga klasemen.

Untuk MotoGP 2014, Marquez menjadi juara dunia dengan catatan yang fantastis. Marquez telah meraih 11 kemenangan dari 15 seri, sedangkan seri MotoGP masih menyisakan 3 seri lagi. Dari 11 kemenangan tersebut 10 di antaranya diraih sejak awal musim. Sementara itu, Marquez tercatat hanya melakukan 2 kali kesalahan dari sisa 4 balapan yang semuanya berbuah hasil kurang maksimal.

Text: Dimas (dimasmotorexpertz@gmail.com),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: motogp.com
  554 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (36)
B. Yamaha WR 250 R (53)
C. Viar Cross X 250 SE (47)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !