Kalah ‘Lagi’, Marquez Cuma Cari Sensasi Doang?
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
MOTOGP
29
Sep
2014

Kalah ‘Lagi’, Marquez Cuma Cari Sensasi Doang?

  12982   0
Kalah ‘Lagi’, Marquez Cuma Cari Sensasi Doang?
Kalah ‘Lagi’, Marquez Cuma Cari Sensasi Doang?

ARAGON, ME. Agak terlihat aneh kalo tindakan Marc Marquez itu dilatarbelakangi hanya sensasi dari dirinya aja, bradsis. Meskipun seri ke-14 MotoGP 2014, Minggu (28/9), ini digelar di sirkuit Aragon, Spanyol, dan tepat tampil di depan dukungan banyak fansnya..

Selain Dani Pedrosa, Marquez telah melakukan kesalahan dengan mengabaikan arahan timnya untuk mengganti Honda RC213V yang telah disiapkan di pit stop, karena kondisi lintasan di akhir-akhir lap diguyur oleh air hujan.

Dari sudut pandang tersebut, ada aja yang beranggapan bahwa apa yang jadi keputusan Marquez hanya demi menarik perhatian lebih berbeda dari para pendukungnya, yaitu finish dengan mempertahankan ban slick pada motor miliknya, agar disebut sebagai kemenangan yang fenomenal.

Tapi pada kenyataannya, Marquez hanya finish di posisi ke-13 dengan tambahan 3 poin, karena mengabaikan instruksi masuk pit stop untuk mengganti pacuan miliknya, dengan motor yang memakai ban basah.

“Itu sepenuhnya kesalahan saya. Sebelum balapan, kami berunding soal strategi balapan dari kondisi kering ke basah dan semua tergantung pada keputusan saya kapan harus masuk pit stop, karena mereka tidak tahu lebih baik dibanding saya bagaimana kondisi di dalam trek,” urai pembalap Repsol Honda itu di crash.net.

“Pokoknya semua tergantung pada keputusan saya dan saya mencoba untuk tetap melaju, karena saya fokus membuat gap dengan pembalap kedua. Saya tidak begitu lambat, tapi saya tidak pernah berpikir resiko dengan melaju di atas aspal basah. Jadi bisa dikatakan, itu hanya kesalahan saya dan minta maaf kepada tim karena itu keputusan saya,” sambungnya.

Toh, dari pernyataan itu udah cukup jelas bahwa tindakannya itu semerta-merta bukan kepentinganya untuk mencari sensasi, demi menarik perhatian para pendukungnya. Meski demikian, Marquez merasa tetap happy (mungkin), karena kesalahannya merupakan pelajaran berharga untuknya atas pengalaman buruk di MotoGP 2014 ini.

“Lain kali saya akan mencoba untuk berpikir lebih matang dan sudah waktunya bagi saya, tahu tentang situasi dan berjuang untuk meraih kemenangan. Hal yang penting adalah kita masih mampu membuat gap untuk kejuaraan dunia,” ujar Marquez, yang gagal mempersembahkan kemenangan untuk para fans-nya untuk yang kedua kalinya, setelah gagal juga di seri sebelumnya.

“Tim sudah mengisyaratkan kepada saya sebelum balapan dimulai, bahwa hujan akan turun di akhir balapan. Tapi masalahnya, saat balapan hanya diguyur gerimis, makanya untuk alasan itu saya pikir, dan juga Dani, memutuskan bertahan dan banyak pembalap lain yang masuk pit karena hujan, tapi enggak banyak,” imbuh Marquez, yang sekarang memimpin kejuaraan dunia dengan 292 poin.

“Saya hanya fokus pada balapan, bukan soal resiko dengan tetap mengandalkan ban slick di atas aspal basah. Saya senang, karena itu pengalaman baru bagi saya dan pengalaman ini lebih baik sekarang daripada tahun depan, ketika kejuaraan mungkin akan lebih ketat,” tandas Marquez, yang telah kehilangan 3 kali podium untuk musim ini.

Text: Dimas (dimasmotorexpertz@gmail.com),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: crash.net
  407 Votes

Artikel Terkait

  14627   0
29
Okt
2019
Fabio Quartararo
  6045   0
29
Okt
2019
Andrea Iannone Dan Aleix Espargaro
CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !