Rossi: Aneh, Trek Lurus Aja Bisa Bikin Jatuh!
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
MOTOGP
13
Sep
2014

Rossi: Aneh, Trek Lurus Aja Bisa Bikin Jatuh!

  35058   0
Rossi: Aneh, Trek Lurus Aja Bisa Bikin Jatuh!
Rossi: Aneh, Trek Lurus Aja Bisa Bikin Jatuh!

MISANO, ME. Berharap trek kering, malah hujan di sepanjang sesi Free Practice pada hari pertama MotoGP Misano 2014. Seri ketigabelas ini bakal bertambah susah untuk Valentino Rossi ningkatin performa motornya, bradsis. Bayangin aja, di trek lurus aja masih bisa jatuh..
 
Rossi gak bisa berbuat banyak di sirkuit Misano, Italia, yang cuma berjarak kurang lebih 10 Km ini dari rumahnya di kota Tavullia. Pada sesi FP1, doi cuma bisa selesai di posisi kesembilan. Sedangkan pada FP2, malah turun satu peringkat ke posisi kesepuluh.
 
"Hari ini sangat sulit bagi kebanyakan pembalap, khususnya pada FP1. Saya mengalami crash dan banyak juga yang lain yang mengalami crash. Ada dua penyebab utamanya, pertama-tama karena aspal yang tidak memberi grip optimal, khususnya saat kondisi basah. Juga karena temperatur rendah, sehingga grip pun juga rendah," papar Rossi.
 
Ban yang dipergunakan khusus untuk kondisi basah ini juga ngasih masalah, bradsis. Terutama yang tipe hard, karena pada saat mengerem, ban depan terlalu keras. Tapi begitu Rossi pindah ke tipe soft, ada peningkatan pada bagian gripnya.
 
"Kami mengubah setting motor untuk mendapatkan keseimbangan yang baik, terutama traksi saat keluar tikungan. Tapi sayangnya, hal itu tidak bekerja dengan baik. Saya tidak cukup kencang dan tidak bisa masuk tikungan dalam kecepatan tinggi," ujar Rossi.
 
Belum selesai dengan kondisi basah, Rossi dan timnya juga harus mikirin strategi untuk kondisi sirkuit yang kering, bradsis. Pasalnya, menurut ramalan cuaca, kondisi cuaca pada hari Sabtu dan Minggu nanti bakal membaik. Bisa jadi, pas balapan nanti kondisi trek dalam keadaan kering.
 
"Menurut saya, crash yang terjadi kebanyakan karena kami menggunakan ban depan tipe hard. Saya mengalami crash ketika sedang mengerem pada trek lurus, dimana hal itu sangat aneh," ungkap Rossi.

Text: Donny (donny@motorexpertz.com),
Photo: motogp.com
  501 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !