Pengen Upgrade Vespa PTS 90 cc, Nih Dia Resepnya
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
ANEKA TIPS
05
Sep
2014

Pengen Upgrade Vespa PTS 90 cc, Nih Dia Resepnya

  216699   0
Nih dia Vespa PTS yang udah jadinya..
Nih dia Vespa PTS yang udah jadinya..
Gear Box peranannya sangat besar loh..
Gear Box peranannya sangat besar loh..

JAKARTA, ME. Gak ada matinya yang namanya motor tua, bradsis. Ibarat pepatah, tua-tua keladi, makin tua makin jadi. Seperti contohnya Vespa PTS 90cc, bradsis tau gak kalo motor ini bisa di-upgrade sampe 136cc? Nih, bengkel Fadli Scooter Racing Vespa Balap Kontrakan (VBK) punya rahasianya..

FSRVBK punya resep jitu naikin performa Vespa PTS. Cukup mengganti beberapa part aja. Gak usah kebanyakan basa-basi deh, berikut ME beberin rahasia FSRVBK dalam meng-upgrade performa PTS 90cc menjadi 136cc..

Pakai Blok Saher Lubang Lima atau Racing Kit

Hal pertama yang musti dipahami, Vespa PTS 90 cc mempunyai blok seher berlubang dua. Untuk itu, kalo pengen lebih nendang lagi harus diganti dengan menggunakan blok seher lubang lima dengan pemakaian piston berdiameter 54 mm, bradsis. “Ketika sudah ganti dengan lubang lima, putaran bawah sampai atas ngisi terus (padat). Jadi, ketika seher memompa, daya dobraknya akan sangat membantu meningkatkan performa motor,” ujar Andi Mulyadi, sang owner FSRVBK.

Setting Gear Box Pakai Ukuran 60/22 mm

Pengaruh Gear Box punya andil sangat besar, bradsis. Pasalnya, gear box merupakan salah satu "otak" dari mesin Vespa. “Kadang, orang lupa akan peran gear box. Padahal kalo dicermati, gear box berpengaruh sangat besar. Final gear ini untuk menemukan settingan yang pas dengan sirkuitnya, kita juga harus gonta-ganti gear box sampai menemukan settingan yang kita inginkan. Sebab, setiap sirkuit mempunyai karakter berbeda-beda. Jadi, kalo lebih mantapnya lagi, pakai gear box 60/22 mm,” ulas brad Mul, panggilan akrabnya.

Pakai Gear Ratio Vespa Sprint

Peranan gear ratio pun sebanding besarnya dengan gear box. Pada gear ratio Vespa PTS, diameter mata gearnya kurang menggigit. Jadi, kalo ingin lebih maksimal lagi, aplikasikan kepunyaan gear ratio Sprint. “Gear ratio Sprint punya hitung-hitungan mata gear yang berbeda dengan yang lain. Gear ratio ini lebih berat sehingga langkahnya (nafas) lebih panjang,” urai Mul.

Pengapian CDI BRT dan Koil YZ 125

Ini dia part paling menentukan, kalo part yang lain udah racing, sektor pengapiannya masih standar, pengaruh ke motor pun bakalan loyo. Untuk itu, biar pengaruhnya makin optimal, ganti pengapiannya ke DC dan CDI pakai BRT, serta koil milik YZ 125.

Magnet atau Rotor Dicustom

Pada part ini, magnet atau rotornya harus diubah, bradsis. Jadi, untuk yang bawaannya pada rotor musti dicustom (modifikasi) pakai magnet bawaan motor Jepang.

Set Kopling

Biar makin menggigit, brader n sista jangan lupa perhatikan bagian part koplingnya. Kalo untuk koplingnya, bisa menggunakan yang standar 3 pcs, sedangkan per koplingnya ganti punya Mallosi. ”Kopling masih pakai 3 pcs tapi standar, cuma yang diganti hanya per koplingnya aja pakai Mallosi. Kemungkinan kopling slip lebih tipis,” tutur Sholekhan, mekanik FSRVBK.

Kruk As

“Untuk kruk as, kita mengadopsi dari motor lain milik matik. Tapi, dengan cara dimodifikasi ulang,” ujar singkat Photro ‘panggilan’ mekanik FSRVBK.

Knalpot

Pembuangan gas sisa pembakaran sangat berpengaruh terhadap kinerja motor, maka dari itu brader n sista harus ekstra jeli dan pahami dalam memilih knalpot untuk Vespa yang udah di-upgrade. Sebagai referensinya, pakai kepunyaan dari FSR.

Soal budget sih relatif, bisa berkisar di angka Rp 40 jutaan, bradsis. Yah, namanya juga hobi, urusan yang lain sih belakangan..

Nama Bengkel : Fadli Scooter Racing Vespa Balap Kontrakan (FSRVBK), Slipi, Kemanggisan Ilir 3 Jl. H.Taisir No. 40 RT 02/07. Telp. 081380860381

Text: Rendi (rendimotorexpertz@gmail.com),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Rendi
  1275 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !