Biar Makin Safety, Bridgestone Kasih Ban Baru Lagi
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
MOTOGP
25
Ags
2014

Biar Makin Safety, Bridgestone Kasih Ban Baru Lagi

  13245   0
Biar Makin Safety, Bridgestone Kasih Ban Baru Lagi
Biar Makin Safety, Bridgestone Kasih Ban Baru Lagi

BRNO, ME. Bridgestone emang udah pasti mundur dari MotoGP pada akhir musim depan nanti. Tapi mereka gak pernah puas, bradsis. Demi keamanan (safety) semua pembalap, pabrikan ban asal Jepang ini kembangkan lagi ban baru..
 
Ban dengan kompon asimetris udah diterapin untuk ban belakang dan memegang peranan yang cukup penting, khususnya di sirkuit-sirkuit yang jumlah tikungan ke kiri dan kanannya berbanding cukup jauh. Seperti contohnya sirkuit Sachsenring (Jerman), Phillip Island (Australia) dan Valencia (Spanyol), dimana tikungan ke kiri jumlahnya lebih banyak dibanding tikungan ke kanan atau sebaliknya.
 
Hingga seri kesebelas kemarin di Brno, Republik Ceko, Bridgestone cuma punya ban depan dengan kompon yang simetris. Baru pada sesi tes kemarin mereka nyuruh para pembalap untuk ngetes ban depan dengan kompon asimetris.
 
"Kami menawarkan ban depan terbaru kami dengan kompon asimetris untuk dievaluasi para pembalap saat di Brno. Beberapa pembalap mengambil keuntungan saat tes ini dan memberi kami feedback," ujar Shinji Aoki, selaku Tyre Development Manager of Bridgestone.
 
"Meskipun karakter sirkuit Brno terbilang seimbang secara layout dan bukan sirkuit yang membutuhkan ban dengan kompon asimetris, kami ingin para pembalap untuk mencoba stabilitas pengereman motor mereka. Begitu pula dengan transisi saat menikung dengan ban ini," sambungnya.
 
Pengembangan ban depan terbaru ini sebenarnya merupakan solusi dari insiden yang terjadi di tikungan Waterfall pada sirkuit Sachsenring. Setelah ban dihajar beberapa tikungan ke kiri, dan suhu ban sebelah kanan menurun, hal ini bisa mengakibatkan crash highside atau lowside saat menikung ke kanan, bradsis.
 
"Secara keseluruhan, reaksi para pembalap terhadap ban ini cukup baik. Jadi, kami akan memberi para pembalap pilihan akan ban ini pada sirkuit Phillip Island dan Valencia untuk musim ini. Ban ini akan memberikan keamanan yang lebih untuk para pembalap," tutup Aoki.
 
Bridgestone banting tulang terus untuk ngasih yang terbaik kepada para pembalap. Padahal, waktu mereka cuma sampai akhir musim 2015, bradsis. Semoga aja pemasok ban tunggal berikutnya, Michelin, mampu berbuat yang sama seperti yang Bridgestone lakukan.

Text: Donny (donny@motorexpertz.com),
Photo: crash.net
  514 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (46)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !