Asal Usul Rossi Leg Wave
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
ME-SERIAL
13
Ags
2014

Asal Usul Rossi Leg Wave

  31397   0
Asal Usul Rossi Leg Wave
Asal Usul Rossi Leg Wave
Asal Usul Rossi Leg Wave
Asal Usul Rossi Leg Wave
Asal Usul Rossi Leg Wave
Asal Usul Rossi Leg Wave
Asal Usul Rossi Leg Wave
Asal Usul Rossi Leg Wave
Asal Usul Rossi Leg Wave
Asal Usul Rossi Leg Wave
Asal Usul Rossi Leg Wave
Asal Usul Rossi Leg Wave

JAKARTA, ME. Valentino Rossi gak cuma terkenal sebagai pembalap dengan 9 gelar juara dunia. Pembalap yang satu ini juga terkenal dengan berbagai ritualnya, salah satunya adalah gerakan Rossi Leg Wave. Setelah ditelusuri, ternyata gerakan ini pertama kali muncul pada 9 tahun yang lalu, bradsis..
 
Awalnya, emang masih gak jelas kapan pertama kali kemunculan Rossi Leg Wave ini. Penulusuran ini pun didapat melalui survey yang dilakukan di paddock oleh motomatters.com. Setelah bertanya-tanya dengan orang-orang di paddock, termasuk para pembalap veteran, semua sepakat bahwa Rossi Leg Wave pertama kali muncul pada tahun 2005.
 
Tepatnya saat MotoGP digelar di sirkuit Jerez, Spanyol. Ketika itu, Rossi sedang berjuang untuk podium utama dengan Sete Gibernau. Rossi berhasil menang setelah menyalip Gibernau di tikungan terakhir pada lap terakhir. Manuver ini dianggap terlalu agresif, bradsis.
 
Keduanya saling bertabrakan, meskipun tidak ada yang crash, tapi Rossi berhasil meraih podium utama. Gibernau sempat kesal dengan Rossi, kejadian ini juga yang membuat keduanya bersitegang.
 
Kejadian ini sempat terulang kembali pada musim 2013, saat itu yang terlibat adalah Marc Marquez dengan Jorge Lorenzo. Lokasinya sendiri di tempat yang benar-benar sama, di sirkuit Jerez, pada lap terakhir di tikungan terakhir.
 
Pada saat itu, Rossi ngeluarin kakinya karena refleks aja, bradsis. Refleks dan berujung menjadi kebiasaan hingga sekarang. Mungkin juga bisa membantu keseimbangan motor.
 
Sekedar pengetahuan aja, selama beberapa dekade terakhir ini juga muncul gerakan khusus yang diadopsi di antara para pembalap flat/dirt tracker. Saat balapan, mereka semua menengok ke belakang untuk melihat rivalnya dengan cara yang sama.
 
Semua melihat melalui ketiak sebelah kiri sambil tetap menunduk, sedangkan tangan tetap berada di setang. Semua mengaku melakukan itu dengan alasan aerodinamis. Setelah ditelusuri, hal menarik terungkap, bradsis.
 
Chriss Carr: "Saya melihat Scott Parker melakukannya."
Scott Parker: "Saya mempelajarinya dari Springer."
Springer (Jay Springsteen): "Mert Lawwill yang menunjukkan gerakan itu."
Mert Lawwill: "Saya dapat gerakan tersebut dari Bart Markel."
 
Bart Markel sendiri mengaku mempelajarinya dari Caroll Resweber, bradsis. Sedangkan Resweber sendiri, mengaku pertama kali melihatnya dari pembalap flat/dirt tracker asal Texas. Gak ada yang tau siapa nama pembalap tersebut, tapi doi mengaku, "Mata kiri saya buta, itulah satu-satunya cara saya bisa melihat rival di belakang saya."
 
Pelajaran yang bisa diambil dari sejarah ini, bisa aja gerakan fenomenal yang diikuti semua orang ternyata berasal dari alasan yang sepele. Namun berkembang setelah muncul beberapa teori yang mendukung gerakan tersebut.

Text: Donny (donny@motorexpertz.com),
Photo: motogp.com
  850 Votes

Artikel Terkait

  81881   0
11
Feb
2015
Pulang Malem Sendiri? Kenapa Enggak?
  73585   0
09
Feb
2015
Awas, Begal Merajalela!
  132560   0
19
Des
2014
Evolusi Riding Style di MotoGP - Part 2
CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !