Superbike 2014, Sepang: Ngeluh Engine Braking, Rea Sengsara di Kedua Race
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
SUPERBIKE
10
Jun
2014

Superbike 2014, Sepang: Ngeluh Engine Braking, Rea Sengsara di Kedua Race

  11040   0

SEPANG, ME. Pembalap tim PATA Honda, Jonathan Rea, keluhkan masalah engine braking pada Honda CBR10000R besutannya. Saat balapan di seri keenam Superbike 2014, Sepang, Malaysia, selama dua kali race mau enggak mau Rea harus berjuang melawan kesengsaraannya itu.

Start dari posisi ke-10 sejak race pertama, awalan yang dibuat pembalap asal Irlandia Utara ini enggak begitu mulus. Terjebak dalam gerombolan para pembalap, di tikungan pertama posisinya malah jauh ke belakang. Dari sini, Rea berjuang menyusuli para pembalap lain sampai akhirnya mampu finish di posisi keenam.

Berusaha memperbaiki hasil buruk di kesempatan kedua, pada race kedua ini Rea cukup menunjukkan kemajuan dari motornya, namun hanya menempati posisi keenam kembali. Diakuinya, permasalahan yang dihadapinya di sirkuit Sepang hanya satu, yaitu engine braking.

Alasannya, pengaruh kondisi dan sirkuit yang berbeda menurutnya membuat engine braking pada CBR1000R agak sensitif alias enggak cocok. Hasilnya, di klasemen sementara ini Rea harus menempati urutan ketiga dan terpaut 22 poin dari Tom Sykes.

“Ini merupakan akhir pekan yang sangat sulit dan ini bukanlah hasil yang kita targetkan. Tapi kami cukup membuat beberapa langkah maju, terutama di race kedua ketika saya masih mampu membawa motor dalam kecepatan yang jauh lebih baik daripada balapan sebelumnya,” buka pembalap yang digosipkan akan membalap di MotoGP itu.

“Tampaknya sistem engine braking kami terlalu sensitif terhadap kondisi yang berbeda dan sirkuit yang berbeda. Kami dibuat frustrasi karena ketika saya mempunyai grip cukup mumpuni di awal, saya tidak punya masalah saat masuk tikungan. Tapi di akhir balapan, justru sebaliknya. Tingkat grip menurun,” keluhnya.

“Saya benar-benar menikmati balapan di trek ini, meskipun kami tidak mendapatkan potensi besar dari CBR di seri kali ini. Saya berharap untuk balapan berikutnya hasil akan berbeda lebih baik di Misano, sirkuit yang saya cintai,” ujar Rea.

Text: Dimas (dimasmotorexpertz@gmail.com),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: crash.net
  561 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (46)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !