Yuk, Periksa Kondisi Ruang Aki BeAT FI!
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
PERAWATAN
19
Mar
2014

Yuk, Periksa Kondisi Ruang Aki BeAT FI!

  22312   0
buka terlebih dahulu penutup ruang aki
buka terlebih dahulu penutup ruang aki
perhatikan ruang aki tampak kotor
perhatikan ruang aki tampak kotor
bersihkan menggunakan sikat kawat atau sejenisnya
bersihkan menggunakan sikat kawat atau sejenisnya
bersihkan ruang aki yang kotor jika perlu dengan menggunakan kain basah
bersihkan ruang aki yang kotor jika perlu dengan menggunakan kain basah
bersihkan juga aki beserta penutupnya
bersihkan juga aki beserta penutupnya

JAKARTA, ME. Pertama kali beli skutik Honda terbaru, seperti New Honda BeAT FI atau Scoopy FI, ME yakin gak semuanya tahu nih di mana posisi aki motor berada. Posisinya emang sedikit ngumpet bradsis, ada di bagian dek tengah, tepat di bawah kaki. Dengan posisi aki yang baru ini, mungkin gak sedikit brader n sista yang mengabaikannya. Hayo, ngaku..

Posisi di Bawah Lebih Kotor

Posisi aki yang ada di bawah kaki menjadikannya kotor, karena letaknya yang ada di bawah. Berbeda saat posisinya ada di dalam bagasi atau bawah jok motor. "Periksalah kondisi ruang aki secara berkala, memang dengan desain yang sudah dirancang sedemikian rupa agar tidak dapat masuknya kotoran dari luar terkadang tanpa kita sadari kotoran dapat masuk lewat celah bagian atas dan bawah," jelas Arfan, mekanik AHASS Jombang, Tangerang.

Yuk, mulai bersihkan ruang aki motor BeAT FI kita sekarang bradsis. Hal ini mudah dan dapat dilakukan setiap saat di rumah. Berikut langkah-langkahnya:

1. Siapkan obeng kembang dan kunci sok berukuran 10 inci. Lalu buka baut penutup ruang aki bagian atas, setelah baut dibuka congkel penutup aki bagian atas dengan menggunakan obeng plus. Memang terasa keras sedikit untuk mencongkelnya bradsis. Lakukanlah secara perlahan tapi pasti.

2.  Setelah terbuka, buka penutup aki bagian dalam dengan menggunakan kunci sok berukuran 10. Lanjut, keluarkan aki dengan membuka kabel plus berwarna merah dan minus berwarna hitam yang menempel pada aki.

3. Langkah selanjutnya, bersihkan raung aki jika sekiranya kotor. "Dengan masuknya kotoran yang menempel dan menumpuk serta bercampur air di ruang aki, ini dapat memicu rusaknya aki dan perangkat kelistrikan komponen sikring yang terdapat di dalam box aki," tambah Arfan.

4. Setelah dirasa selesai semua kita bersihkan, pasang kembali aki ke posisi semula bradsis.

Mudah dan singkat kan bradsis? Mulailah periksa kondisi ruang aki besutan kita, karena keberadaan aki di motor injeksi sangat berperan penting. Meskipun PT Astra Honda Motor (AHM) mengklaim posisi aki ini aman melewati banjir atau tidak terpengaruh siraman air, tapi kan jelas lebih baik kalo segala sesuatunya dirawat dan dibersihkan bradsis. Semoga bermanfaat..

 

Text: kelix,
Photo: kelix
  619 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !