Jelang MotoGP 2014: Yamaha Masih Cari Cara Untuk Ngerem
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
MOTOGP
17
Mar
2014

Jelang MotoGP 2014: Yamaha Masih Cari Cara Untuk Ngerem

  9532   0

Jelang MotoGP 2014: Yamaha Masih Cari Cara Untuk Ngerem
 
LOSAIL, ME. Di musim lalu, Valentino Rossi selalu beralasan bahwa masalah pada pengereman yang bikin dia jadi gak kompetitif. Ternyata, hal ini dirasain juga sama Jorge Lorenzo. Jelang MotoGP 2014 ini, mereka masih cari cara untuk bisa ningkatin pengereman agar bisa lebih stabil lagi bradsis.
 
Stabilitas Pengereman
Rival terberat mereka, Honda, udah mengambil langkah besar dan berhasil meningkatkan pengereman jadi lebih stabil. Dengan peningkatan ini, performa para pembalap Honda saat memasuki tikungan pun jadi meningkat. Sasis baru dan revisi pada girboks seamless dianggap gak ngasih peningkatan yang signifikan, baik oleh Lorenzo maupun Rossi.
 
Jelang MotoGP 2014: Yamaha Masih Cari Cara Untuk Ngerem
 
"Hal ini memang masih sulit. Kami tidak mengalami terlalu banyak kesulitan saat di Phillip Island, karena stopping dan cornering pada waktu yang bersamaan bukan masalah besar di sana. Sepang punya karakter sirkuit yang memaksa motor dari kecepatan tinggi masuk ke tikungan dengan kecepatan rendah, berbeda dengan Phillip Island," ungkap Wilco Zeelenberg selaku tim manajer dari Lorenzo.
 
"Saya rasa, ini lebih kepada bagian depan motor kami yang berbeda dengan Honda. Hal ini membatasi kami dalam kondisi tadi, dimana kami harus mengerem dalam kecepatan tinggi. Kami tidak bisa berbuat banyak, dan selama kami tidak mendapat ban depan yang cukup kuat untuk mendukung pengereman, maka kami harus beradaptasi dengan kondisi yang ada. Itulah mengapa kami memaksa untuk bisa mendapatkan ban depan yang baru di musim 2014 ini," sambung Wilco.
 
Jelang MotoGP 2014: Yamaha Masih Cari Cara Untuk Ngerem Jelang MotoGP 2014: Yamaha Masih Cari Cara Untuk Ngerem
 
Rossi yang pertama kali mengeluh soal pengereman pada musim lalu. Di musim ini, tampaknya gantian Lorenzo yang mengeluh bradsis. Kalo Bridgestone gak bisa menjawab kebutuhan Yamaha, keadaan bakal lebih sulit untuk Lorenzo ataupun Rossi merebut gelar juara dunia MotoGP dari tangan Marc Marquez.
 
Text: Donny (donny@motorexpertz.com), Photo: Courtesy of yamahamotogp and MCN, Join us on fanpage: Motorexpertz and twitter: @MotorExpertz

  385 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (46)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !