Ducati Berencana Mundur Dari Tim Pabrikan, Yah Jadi Sepi Dong
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
MOTOGP
10
Jan
2014

Ducati Berencana Mundur Dari Tim Pabrikan, Yah Jadi Sepi Dong

  10757   0

Ducati Berencana Mundur Dari Tim Pabrikan, Yah Jadi Sepi Dong
 
BOLOGNA, ME. MotoGP 2014 ini ada perubahan regulasi lagi bradsis. Kategori Claiming Rule Team (CRT) diganti menjadi kategori Open. Melihat segala kemungkinan, Ducati kabarnye berencana untuk mundur dari tim pabrikan dan akan bermain di kategori Open. Wah, berarti tim pabrikan nanti tinggal Honda dan Yamaha aja nih..
 
Fokus di Kategori Open
Di kategori Open ini, mesin yang dipake gak jauh berbeda spesifikasinya dengan mesin prototype tim pabrikan bradsis, hanya ada penurunan beberapa sepsifikasi. Tapi itu berlaku hanya untuk mesinnya Honda dan Yamaha aja bradsis, Ducati tetep ngasih mesin yang sama ke kategori Open.
 
Ada keuntungan tersendiri untuk kategori Open, mereka boleh dapet ekstra bahan bakar, jumlah mesin cadangan yang gak ditentuin batasnya, dan boleh pake ban dengan kompon yang lebih soft. Sedangkan kekurangannya, mereka harus pake ECU Standard (Magneti Marelli) dari Dorna. Jadi, walaupun Ducati pake mesin yang sama, ECU yang mereka pake harus standar punya.
 
Ducati Berencana Mundur Dari Tim Pabrikan, Yah Jadi Sepi Dong
 
Ducati udah ngetes mesin kategori Open ini di bulan November 2013 kemarin bradsis. Menurut mereka, perbedaannya tipis banget antara mesin Open dan pabrikan. Sejauh ini, baru Yonny Hernandez aja yang udah nyobain mesin ini, Andrea Iannone, Andrea Dovizioso, dan Cal Crutchlow belum punya kesempatan untuk ngetes.
 
Di musim ini agak sedikit kisruh bradsis. Selain Ducati yang berencana mundur dari tim pabrikan dan pengen fokus di kategori Open, Honda malah ngancem akan keluar dari MotoGP kalo Dorna melarang pabrikan untuk ngembangin software ECU mereka.
 
Yah, kita lihat aja gimana perkembangannya sampe MotoGP 2014 ini digelar bulan Maret nanti.
 
Text: Donny (donny@motorexpertz.com), Photo: Courtesy of crash.net and motogp, Join us on fanpage: Motorexpertz and twitter: @MotorExpertz

  392 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (46)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !