lika-liku perjalanan dani pedrosa di musim 2013
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
ME-SERIAL
28
Des
2013

lika-liku perjalanan dani pedrosa di musim 2013

  9436   0

Lika-Liku Perjalanan Dani Pedrosa di Musim 2013

Jakarta, ME. MotoGP musim 2013 ini emang didominasi sama Trio Spanyol (Marc Marquez, Jorge Lorenzo, dan Dani Pedrosa). Tapi, meskipun MotoGP tahun ini dijuarain sama rekan satu timnya, Marc Marquez, bukan berarti di tahun ini Dani Pedrosa gak punya peluang besar buat jadi juara dunia juga bradsis. Ada beberapa faktor yang mungkin aja emang jadi salah satu kegagalannya di tahun 2013 ini. Mau tau apa aja? Yuk, simak..

Cuma Runner up 3 Kali

Pedrosa udah menginjak tahun kedelapan dalam karirnya sebagai pembalap MotoGP bersama Repsol Honda. Sayangnya, Pedrosa belum bisa raih gelar juara dunia satu pun di kelas MotoGP ini. Pencapaian fantastisnya bermula sejak doi menjuarai kelas GP125 (1 kali juara dunia) dan di kelas GP250. Pedrosa mampu pertahanin gelar juara dunianya yang kedua kali secara berturut-turut pada tahun 2004 dan 2005.

Mulai beranjak naik ke kelas MotoGP pada tahun 2006, perjalanan Pedrosa gak seperti di kelas GP250, di mana doi langsung menjadi juara dunia GP250 pada tahun 2004. Sampai sekarang, udah 8 tahun terhitung sudah, prestasi akhir musimnya cuma mencapai runner up sebanyak 3 kali dan posisi ketiga sebanyak 3 kali termasuk di tahun 2013 ini.

Mungkin awalnya, banyak orang yang gak yakin atas performanya, ketika Pedrosa cuma berhasil finish di posisi keempat pada seri pertama yang digelar di sirkuit Losail, Qatar. Tapi di seri kedua, Pedrosa mampu ningkatin performanya dengan berhasil naik di podium kedua, tepat di belakangnya Marquez yang kala itu merupakan pembalap termuda pertama yang sukses menang di musim pertamanya di kelas MotoGP.

Berlanjut ke seri ketiga, balapan berjalan cukup dramatis, persaingan ketat terjadi antara Lorenzo, Marquez, dan Pedrosa sendiri. Di sirkuit Jerez, Pedrosa mulai bangkit dan percaya diri berkat meraih kemangan pertamanya di sirkuit ini. Semangat Pedrosa makin menggelora saat seri MotoGP berlangsung di sirkuit Le Mans, Prancis, dia kembali ngebuktiin kinerja balapnya dengan meraih podium pertama secara dua kali berturut-turut.

Hingga sampai beberapa seri kemudian terus berjalan, Pedrosa pun sempet mimpin kejuaraan di posisi pertama di klasemen sementara. Tapi sayangnya, bermula di seri ketujuh, performa Pedrosa mulai menurun saat ngejalanin balapan di Assen, Belanda, yang cuma berhasil finish di posisi keempat.

Nasib Pedrosa makin gak bagus setelah ngalamin crash di sirkuit Sachsenring, Jerman. Di seri kedelapan ini, crash yang dialamin Pedrosa cukup parah bradsis. Buktinya, Pedrosa terpaksa istirahat dan gak bisa ikut balapan, karena efek obat pasca operasi pada cidera tulang selangkanya. Ditambah lagi, tekanan darah yang rendah ngebikin staminanya jadi ngedrop.

Sejak insiden tersebut, Pedrosa terus kehilangan poin yang berharga. Mulai dari seri Laguna Seca, Amerika Serikat, Pedrosa cuma mampu finish di posisi ke-5. Di saat kondisi mulai cukup fit, Pedrosa balik ke barisan terdepan selama empat seri, Indianapolis (finish kedua), Brno (finish kedua), Silverstone (finish ketiga), dan Misano (finish ketiga). Dengan kondisi seperti ini, Pedrosa nemu titik terang lagi untuk ngeraih gelar juara dunia MotoGP 2013.

Lagi-lagi karena ngalamin highside, Pedrosa gagal finish saat balapan di Aragon, Spanyol. Insiden ini yang ngelibatin Marquez dengan putusnya kabel sensor kontrol traksi pada ban belakang dari motor Pedrosa. Tapi setelah kejadian ini, Pedrosa berhasil menjadi yang tercepat dan meraih podium pertama, di sirkuit Sepang, Malaysia.

Saat di Phillip Island, Pedrosa berhasil finish di posisi kedua. Meskipun kecil, tapi Pedrosa masih punya peluang untuk jadi juara dunia MotoGP 2013. Sayangnya, peluang juara dunia buat doi tertutup setelah cuma berhasil finish di posisi ketiga saat MotoGP berlangsung di sirkuit Motegi, Jepang. Di seri terakhir yang digelar di sirkuit Valencia, Spanyol, Pedrosa juga cuma sanggup finish di posisi kedua. 

Musim Motogp 2013 berakhir dan Marquez yang keluar sebagai sang raja baru. Sepanjang musim, Pedrosa berhasil ngoleksi 13 podium dengan 3 kali kemenangan diantaranya. Selain itu, Pedrosa juga sempat raih 2 kali pole position. Musim ini pun ditutup Pedrosa dengan total poin 330, tertinggal 30 poin dari Lorenzo dan 34 poin dari Marquez.

Semoga musim depan nanti lebih beruntung yaa brad..

**************

Teks: Dhimz (dimasmotorexpertz@gmail.com), Teks editor: By-you, Photo: Courtesy of MotoGP, Join us on Facebook: Motorexpertz and Twitter: @MotorExpertz

  530 Votes

Artikel Terkait

  81712   0
11
Feb
2015
Pulang Malem Sendiri? Kenapa Enggak?
  73510   0
09
Feb
2015
Awas, Begal Merajalela!
  132347   0
19
Des
2014
Evolusi Riding Style di MotoGP - Part 2
CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !