Kurikulum Teknik Sepeda Motor ala AHM
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
ME-UPDATE
29
Mar
2013

Kurikulum Teknik Sepeda Motor ala AHM

  7295   0

Cirebon, ME. PT Astra Honda Motor (AHM) melanjutkan komitmen mereka di dunia pendidikan nih bradsis. AHM ikutan ngembangin keterampilan otomotif bagi generasi muda. Hal ini mereka lakuin dengan mengimplementasikan Kurikulum Teknik Sepeda Motor (TSM) Honda bradsis..

****

Kurikulum ini rencananya bakal diterapin di 6 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di wilayah Jawa Barat. Penandatangan kerjasama ini diadain di SMK Yadika Cirebon (28/3). Sejumlah orang penting yang berwenang juga ikutan hadir, seperti Kepala Dinas Pendidikan Cirebon yang diwakili oleh H. Dadang A Kosasih, SH, MM, Kepala Sekolah SMK, serta orang tua murid  dan perwakilan dari sekolah terkait yaitu SMK Samudra Nusantara – Cirebon, SMK Yadika Kedawung – Cirebon, SMK Negeri 1 Kandanghaur- Indramayu, SMK Muhammadiyah Haurgeulis – Indramayu, SMK Negeri 1 Subang dan SMK Yayasan Pesantren Cintawana (YPC) - Tasikmalaya.

"Kami berharap penandatangan kerja sama ini  kurikulum TSM Honda ini tidak berhenti di sini. Tapi harus terus berlanjut hingga SMK menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang otomotif khususnya sepeda motor. Pengetahuan serta keterampilan siswanya selalu ter-upgrade sesuai perkembangan teknologi Honda" ujar Kristanto, Head of Corporate Communication AHM.

Kristanto juga bilang bahwa AHM terapkan Kurikulum Teknik Sepeda Motor ini juga bisa jadi pendorong untuk semakin ngembangin keterampilan otomotif di kalangan brader n sista yang masih muda di Jawa Barat pada masa mendatang nanti. Doi juga bilang bahwa pengembangan kurikulum ini juga bagian dari perusahaan dalam mendukung implementasi kebijakan pemerintah tentang kerjasama SMK dengan DUnia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) seperti yang ada di Keputusan Mendikbud Nomor 0490/1992. Dengan AHM terapkan Kurikulum Teknik Sepeda Motor, mereka berharap dapat berkontribusi meningkatkan kesesuaian program SMK dengan kebutuhan dunia kerja (link and match program).

Kerjasama yang digalang AHM ini juga didukung penuh sama Main Dealer AHM untuk wilayah Jawa Barat, yaitu PT Daya Adicipta Mustika (DAM) bradsis. Dealer AHM yang satu ini juga udah ngadain beberapa program yang bertujuan ningkatin kompetensi para guru SMK, seperti pelatihan dan sinkronisasi kurikulum.

DAM juga ngasih buku pedoman service dan parts catalog dan juga seperangkat alat perbengkelan sesuai standar minimal bengkel resmi Honda alias Astra Honda Authorized Service Station (AHASS). DAM juga ngasih kesempatan buat siswa SMK agar dapat magang di AHASS.
 
"Kami berusaha membangun kerjasama dengan pihak SMK dengan harapan dapat menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi sesuai dengan kebutuhan usaha khususnya dunia perbengkelan. Kami berharap kerjasama yang kami bangun ini dapat menambah semangat para pelajar dalam melakukan praktik teknik sepeda motor Honda di sekolahnya" ujar Ferdy Sukamawidjaja, General Manager Technical Service DAM.
 
Komitmen AHM dan DAM ini mendapat sambutan baik dari para Kepala Dinas Pendidikan maupun para perwakilan SMK yang hadir. Mereka bertekad dapat melaksanakan kerja sama ini dengan konsisten dan berkesinambungan sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan kualitas lulusan SMK di Jawa Barat.

Teks: Donny (donny@motorexpertz.com), Foto: Istimewa, Join us on fanpage & twitter: @MotorExpertz, PIN BB: 24B2AFEE

  345 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (46)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !